Teks Pildacil tentang Manfaat Silaturahmi

Teks Pildacil tentang Manfaat Silaturahmi
Foto Peserta Pildacil

بِسْمِ اللهِ الرَّ حْمَنِ الرَّ حِيْم

السَلامُ عَلَيْكُم وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُه

Tanam pinang rapat-rapat,
agar puyuh tak dapat terbang
Jawablah salam dengan semangat,
jika kalian umat Muhammad
السَلامُ عَلَيْكُم وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُه
إنَّ اللهَ يُحِبُّ الوِطْرَ
Sesungguhnya Allah itu ganjil dan menyukai yang ganjil. Karena saya tadi salam dua kali, saya ulangi sekali lagi ya?
السَلامُ عَلَيْكُم وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُه
الحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالِميْنَ وَ بِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى اُمُورِ الدُنْيَا وَالدِّيْنِ وَ الصَّلاةُ وَ السَّلاَمُ عَلَى أَصْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَ المُرْسَلِيْنَ وَ عَلَى ألِهِ وَالصَّحْبِهِ أَجْمَعِيْنُ. أمَّا بَعْدُ.
Yang kami hormati  dewan juri sekalian.
Hadirin hadirat yang dirahmati Alloh.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Dzat yang telah menciptakan dualisme dunia, yang mana tidak akan bertahan satu jika tidak ada dua. Sehingga terciptalah langit dan bumi, lautan dan daratan, si kaya dan si miskin, si cantik dan si buruk rupa. Hingga sempurnalah kehidupan manusia diatas permukaan bumi.
Selanjutnya sholawat berbingkaikan salam marilah bersama-sama kita sanjungkan kepada “the first and the best man” Nabi Muhammad SAW yang telah memayungi kita dari panasnya mentari-mentari jahiliyah, sehingga kini kita berada dalam kesejukkan dan kedamaian di bawah naungan islam.
Hadirin hadirat yang dirahmati Alloh.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, ijinkanlah saya menyampaikan sebuah pidato singkat saya yang berjudul “Manfaat Silaturahmi”.
Silaturahmi adalah kata serapan dalam bahasa Arab yaitu silaturrahim. Silaturrahim terdiri dari dua kata, yaitu silah yang artinya menyambung dan rahim yang berarti kekerabatan. Jadi silaturahmi adalah menyambungkan kekerabatan/kasih saying diantara kita semua.
Selain ibadah yang wajib, banyak lagi ibadah yang mendapat penilaian baik dari Allah SWT., salah satunya adalah silaturahmi dengan siapapun dan dimanapun. Sebab dalam kehidupan sehari-hari, setiap individu membutuhkan orang lain dan tidak bisa hidup sendiri.
Hadirin hadirat yang dirahmati Alloh.
Silaturrahmi merupakan ibadah yang sangat mulia, mudah dan membawa berkah. Berikut ini akan saya paparkan 5 manfaat silaturahmi.
  •  Mendapat Ridho dari Allah SWT
Allah SWT telah menyeru hambaNya berkaitan dengan menyambung tali silaturrahmi dalam 19 ayat dalam kitab Al-Qur’an. Bahkan Allah SWT memperingatkan orang yang memutuskan silaturrahmi dengan laknat dan adzab. Allah SWT berfirman dalam surat Muhammad ayat 22 dan 23 :
                      
22. Maka Apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan?
23. mereka Itulah orang-orang yang dila’nati Allah dan ditulikan-Nya telinga mereka dan dibutakan-Nya penglihatan mereka.
  • Memanjangkan Umur dan Menambah Banyak serta Berkah Rejekinya
Rosulullah SAW bersabda :
 مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ أَوْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ
“Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi”. (H.R. Al-Bukhori)
Ini adalah tawaran terbuka yang disampaikan oleh makhluk Allah SWT yang paling benar dan jujur, yang berbicara berdasarkan wahyu, yaitu Nabi Muhammad SAW.
  • Menambah Pahala Setelah Kematiannya
Karena kebaikannya (yaitu suka bersilaturahmi)akan selalu dikenang sehingga membuat orang lain selalu mendoakannya. Teman-teman bisa melihat sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Ketika ada seseorang yang baik, ‘alim dan suka bersilaturrahmi pasti akan memiliki banyak teman. Dan ketika orang itu meninggal maka banyak orang yang berdatangan untuk ta’ziyah dan mendoakannya. Dalam tujuh hari berturut-turut diadakan yasinan untuk mendoakannya dan banyak yang dating. Bahkan setiap tahunnya diadakan haul untuk mendoakannya.
  • Membuaat Senang Orang yang telah Wafat
Sebenarnya mereka orang-orang yang telah wafat itu tahu keadaan kita yang masih hidup, namun mereka tidak dapat berbuat apa-apa. Mereka merasa bahagia jika keluarga yang ditinggalkannya tetap menjalin hubungan baik. Itu contoh dalam keluarga. Contoh lain: seorang guru/kyai yang telah wafat akan senang jika murid-murid/santrinya menjalin hubungan baik.
  • Memupuk rasa cinta kasih terhadap sesama, meningkatkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan, mempererat dan memperkuat tali persaudaraan dan persahabatan.
Hadirin hadirat yang dirahmati Alloh.
Untuk menambah berkahnya acara, marilah kita bersholawat bersama.
صَـلا َةُ اللهِ  سَـلا َمُ اللهِ         عَـلَى طـهَ رَسُـوْلِ اللهِ
صَـلا َةُ اللهِ  سَـلا َمُ اللهِ         عَـلَى يـس حَبِيْـبِ اللهِ
Wahai kawan mari lakukan
Silaturahmi bersama
Agar dapat ridho Allah
Dan dipanjangkan usia
Serta tambah rejekinya
Tambah pula pahalanya
Buat senang orang yang wafat
Dan tingkatkan kebersamaan
Demikian yang dapat saya sampaikan,
Kalau pedang melukai tubuh
Masih ada harapan sembuh
Namun jikalau lidah melukai hati
Saya mohon maaf dari lubuk hati
Burung irian burung cendrawasih
Cukup sekian dan terimakasih
اَخِيْرُلْكَلَمْ وَبِاللّهِ التَّوْفِيْقَ وَالهِدَايَهْ
والسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وبَرَكَاتُهْ

About Tohir 829 Articles

Kalo satu lidi bisa patah dengan mudah, tapi seratus lidi yang bersatu akan sangat susah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*