Jamu Temulawak Pencegah Kangker

Chyrun blog pada kesempatan kali ini akan mencoba berbagi artikel tentang manfaat Temulawak sebagai obat Kangker hati dan Penyehat Kelenjar Pangkreas. Manfaat temulawak sudah digunakan oleh nenek moyang kita sebagai jamu tradisional.  Manfaat sudah teruji sejak zaman nenek moyang.

Diera modern seperti sekarang banyak masyarakat yang mengurangi penggunaan obat pabrikan/kimia dan beralih ke obat tradisional yang berlabel organik. Terlebih penelitian-penelitian tentang obat-obat tradisional sudah banyak dilakukan dan terbukti obat-obat tradisional mampu menyembuhkan penyakit. Bahkan banyak obat tradisional yang alami lebih manjur untuk menyembuhkan penyakit dari pada obat-obat kimia.

TEMULAWAK

Jamu Temulawak Pencegah Kangker
Tanaman Temulawak

Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza), mempunyai sifat yang istimewa yaitu sebagai Detoksifikasi yaitu mengeluarkan racun dan kontaminasi jamur Alfatoksis Flavus yang mengendap dalam hati (hepar). Alfatoksis Flafus merupakan zat toksik yang dapat menyebabkan kangker. Alfatoksik terkandung dapat dengan mudah ditemukan pada kacang tanah yang jika dimakan terasa pait. Zat alfatoksik dihasilkan oleh jenis jamur-jamuran yang tumbuh pada biji kacang. Manfaat sari temulawak membantu sekresi dari kerja pangkreas, sehingga mampu mengoptimalkan metabolisme pangkreas dalam memproduksi Enzim Amilase, Lipase dan Protease. Kehadiran enzim-enzim ini membantu meningkatkan penyerapan bahan pakan karbohidrat, protein dan lemak.

Cara Membuat Jamu Dari Temulawak

  1. Siapkan Temulawak yang sudah dikupas dengan bersih. Untuk mendapatkan 1 gelas sari temulawak, siapkan 2 bonggol temulawak dengan ukuran sedang.
  2. Temulawak yang sudah dikupas bersih, diparut atau ditumbuk sampai halus. Tumbukan disiram dengan air sebanyak kurang lebih 3 gelas. (Pencucian harus yang bersih)
  3. Saring air yang didapat dengan saringan, atau dengan kain lalu peras sampai tersisa ampasnya.Masak air temulawak sampai tersisa 1 gelas sari temulawak. (Masak sampai mendidih dan berkurang kandungan air dan hanya tersisa 1 gelas.
  4. Minum 1 hari duakali, pagi dan sore hari selama kurang lebih 1 bulan.
  5. Dapat dicampur dengan madu, terutama untuk penyakit hepatitis/ madu berguna untuk mempertahankan kebugaran tubuh.

Supaya tidak salah kaprah dalam mengartikan obat tradisional dan obat pabrikan/kimia maka akan dijelaskan terlebih dahulu. Pada dasarnya baik obat tradisional atau obat pabrikan sama-sama mempunyai zat kimia yang terkandung didalamnya. Perbedaanya adalah zat kimia yang terkandung di dalam obat tradisional merupakan produk yang tercipta secara alami yang kemudian dimanfaatkan sebagai obat sedangkan bahan utama zat yang terkandung dalam obat pabrikan merupakan hasil rekayasa manusia.

Seperti itulah kira-kira penjelasan singkat sebagai gambaran umum. Kembali kepembahasan utama tentang manfaat temulawak terutama untuk Pencegah Kangker Hati dan penyehat organ pangkreas.

Catatan ; Selain sebagai jamu Pencegah kangker hati dan pangkreas, sari temulawak juga berguna sebagai penguat stamina. Sangat cocok dikonsumsi oleh para pekerja keras yang sibuk. Temulawak juga berguna sebagai penguat daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai macam penyakit.

Dewasa ini temulawak semakin banyak dicari oleh masyarakat karena khasiatnya. Peredaran temulawak diperkotaan sudah semakin jarang, meskipun ada namun dijual dengan harga yang relatif mahal. Jika yang rumahnya ada diperkotaan, dan ingin mendapatkan temulawak dengan harga yang murah dapat datang kedesa-desa. Didesa, khususnya diwilayah Kabuupaten Banyumas, Jawa Tengah ketersediaan temulawak masih relatif banyak.

Semoga Artikel ini bermanfaat

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !