Artikel, Berita

Ternyata Menggunakan WordPress Butuh Pengamanan Ekstra

Ternyata Menggunakan WordPress Butuh Pengamanan Ekstra – Selepas migrasi dari blogger ke wordpress kini tampilan chyrun.com lebih User friendly. Ya iya pastinya, banyak hal yang di tawarkan wordpress di banding menggunakan blogger dengan layanan standar.

Di dunia baru wordpress, banyak hal baru yang kami rasakan. Kami belajar lagi dari awal bagaimana menggunakan menu-menu dasar wordpress, bagaimana menyajikan konten dan tulisan yang enak di baca dengan menu-menu baru tersebut sampai dengan bagaimana mempercantik website ini dengan bermain plugin-plugin.

Ada tiga faktor yang paling kami perhatikan dalam membangun chyrun.com. Pertama adalah dari segi kenyamanan pembaca, kedua dari segi kemudahan membuat konten bagi para admin dan penulis dan yang ketiga yang paling penting adalah mengamankan website ini dari tangan-tangan jahil.

Oke, pada artikel ini, kami hanya ingin fokus mengulas poin ketiga, yaitu keamanan website. Ternyata, menggunakan platform wordpress butuh pengamanan ekstra.

Baca juga : Mengenalkan chyrun.com kepada keluarga dan sahabat

Jika menggunakan blogger, kita tidak perlu memikirkan dan meragukan keamanan blogger. Tentu saja kita percaya dengan keamanan super yang di sediakan google untuk mengamankan pengguna blogger yang tersebar di seluruh dunia.

Dalam keamanan blogger, mereka menggunakan sistem server google yang super duper aman. Kita cukup mengaktifkan menu keamanan yang memang sudah disediakan google untuk keamanan blog yang kita pakai.

Menggunakan WordPress Butuh Pengamanan Ekstra

Berbeda dengan wordpress, yah platform open source ini di kembangkan oleh pengguna dan untuk pengguna. Siapa saja bisa berpartisipasi dalam pengembangan wordpress. Ini yang di sebut dengan open source.

Dalam pemakaian wordpress, saya sempat dibikin was-was oleh para oknum yang ingin membajak web chyrun.com. Selama dua minggu pemakaian wordpress sudah lebih dari 450 orang yang mencoba masuk tanpa ijin ke dasbor kami. Untung saya segera sadar, dan akhirnya menginstal pluging pengaman wordpress.

Tidak sampai di situ kawan, selain upaya masuk para penjahat yang ingin berbuat jahat, banyak sekali komentar spam yang masuk kechyrun.com. Khusus untuk komentar spam, saya tidak terlalu ambi pusing. Karena wordpress mampu memfilter secara otomatis mana komentar spam dan bukan.

Pada awalnya, saya kami pikir dengan menginstal plugin pengaman wordpress maka chyrun.com sudah aman dari tangan-tangan jail, namun ternyata belum. Masih ada beberapa yang berhasil masuk, tapi untungnya, saya lekas sadar ada yang tidak beres di situs chyrun.com.

Cara Mengantisipasi dengan Memasang Plugin Pengaman

Langsung saya blok secara manual pengguna tersebut. Dari pengalaman ini, akhirnya saya mencari informasi terkait pengamanan ekstra wordpress yang harus saya lakukan.

Menggunakan WordPress Butuh Pengamanan Ekstra

Selain memasang plugin pengaman, akhirnya saya mengedit file database, seperti htacess. Serta mengganti user dengan nama yang lebih sulit untuk di tebak. Menguatkan pasword log in, dan mencoba selalu rutin mengganti pasword setiap 3 bulan sekali.

Bagi pembaca yang sedang mengalami masalah keamanan seperti kami, kami merekomendasikan plugin gatis namun dengan fasilitas premium. Sempat mengunakan beberapa plugin pengaman, namun saya hapus dan kini chyrun.com menggunakan plugin Wordfence Security.

Baca juga : Pengalaman mengesankan besama Metrowordhost

Semoga tulisan singkat ini dapat membantu Anda untuk mengamankan situs wordpress Anda.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !