(Terungkap) Rahasia Produktivitas Orang Jerman

(Terungkap) Rahasia Produktivitas Orang Jerman – Negara tempat lahir salah-satu tokoh paling kontroversi di dunia (Hitler) kini menjelma menjadi Negara kuat dengan sistem perekonomian yang mapan dan indek kebahagiaan warganya menempati urutan atas dalam beberapa survei yang dilakukan oleh berbagai lembaga survei di dunia.

Padahal baik jam sekolah dan jam kerja Jerman tidaklah menerapakan jam yang lama rata-rata sekolah di Jerman hanya 6-7 jam saja, begitupun untuk jam kerja, Jerman menerapkan porsi waktu yang sama.

Tidak seperti di Negara lainya ukuran produktivitas bagi orang Jerman bukan soal waktu yang lama, namun kualitas waktu yang benar-benar dilakukan oleh warga Jerman memang berbeda dengan kebanyakan Negara.

(Terungkap) Rahasia Produktivitas Orang Jerman

ilustrasi produktivitas orang jerman

Jerman merupakan salah-satu Negara maju di dunia dengan industri-industri yang terkenal seperti BMW, Audi, Mercedes Benz (otomotif), Bayer (Farmasi), Siemenz (elektronik), Telkom (komunikasi), Adidas (apparel olahraga) dan BASF (kimia).

Sebagai salah-satu Negara maju di dunia, Jerman kini mengincar beberapa pasar-pasar produk yang menjadi andalanya khusunya yang sudah disebutkan di atas.

Kita bisa mencontoh beberapa hal positif, terutama soal produktivitas orang Jerman. tidak ada salahnya kita menirunya dan berikut ulasannya:

Memanfaatkan waktu dengan benar

Meski jam kerja dan jam sekolah di Jeman terbilang sedikit, namun orang Jerman benar-benar bisa memanfaatkan waktu dengan baik, bila sudah masuk kerja mereka benar-benar sibuk dengan pekerjaanya.

Tidak ada cerita soal, “ngerumpi” di kantor, duduk-duduk sambil minum kopi dan berbagai aktivitas yang lain yang bagi mereka hanya buang-buang waktu saja.

Intinya kalau sudah bekerja ya bekerja, hal-hal lain di luar bekerjaan akan dikesampingkan terlebih dahulu.

Profesional

Ke-profesionalan orang Jerman tidak usah diragukan lagi, orang-orang Jerman ketika masuk kedunia pekerjaan sudah melewati seleksi yang ketat dari mulai dia di bangku sekolah.

Kualitas sudah dibentuk sedemikianrupa dari tingkat dasar yaitu sewaktu mereka sekolah.

Bahkan banyak perusahaan-perusahaan yang sudah mengincar beberapa orang yang masih sekolah yang dinilai mempunyai kemampuan untuk ditempatkan diposisi strategis tertentu.

Disiplin

Orang Jerman terkenal dengan kedisiplinanya, mereka akan sangat menghargai waktu, tidak ada alasan bagi orang Jerman untuk berangkat kerja terlambat masuk kantor.

Bila mereka berjanji juga akan sangat diperhatikan, tidak ada cerita bila “janjian” dengan orang Jerman kita sampai menunggu dalam waktu yang lama.

Dalam pekerjaan mereka juga sebisa mungkin bisa mengatur waktu dengan baik, tidak ada laporan kantor yang terlambat. Semakin cepat mengerjakan pekerjaan maka semakin cepat posisi stategis di kantor tersebut didapat.

To the point

Orang Jerman tidak ada rasa “rikuh pekewuh” dalam pekerjaan, bila mereka memang tidak bisa melakukan pekerjaan. Maka mereka mengatakan tidak bisa. Tidak seperti di Indonesia terkadang kita merasa tidak enak dengan menolak pekerjaan dari Si bos.

Sebisa mungkin bahasa basa-basi dihilangkan dalam pekerjaan orang Jerman, cepat dan hasil yang berkualitas merupakan tuntutan orang Jerman sehingga budaya basa-basi hampir tidak ada dalam lingkungan pekerjaan.

Mengutamakan kualitas

Salah-satu hal mengapa produk-produk Jerman bisa menguasai dunia, karena memang produk yang mereka buat berkualitas.

Dengan standarisasi yang ketat suatu produk akan bisa dijual kepasaran, produk yang tidak lolos dalam proses standarisasi akan ditarik ulang dan tidak mungkin bisa dijual kepasaran.

Kualitas menjadi prioritas utama meski membutuhkan waktu yang lebih lama dalam proses produksi. Namun orang Jerman menyakini bahwa yang terpenting adalah kualitas bukan kuantitas.

Demikian rahasia produktivitas orang Jerman. Namun meski terlihat begitu sangat profesional orang Jerman berhak memperoleh cuti panjang. Bisa cuti dari kantor selama berbulan-bulan. Sangat menyenangkan bukan? Semoga bermanfaat.

Simpan

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !