Tingkah Laku Lebah

Pada kesempatan ini saya akan mendeskripsikan beberapa keunikan lebah. Lebah menjadi salah satu binatang paling bermanfaat bagi manusia. Nilai ekonomis yang tinggi menjadikan lebah banyak dicari dan dikembangkan. Beberapa produk lebah seperti madu dan propolis dapat banyak digunakan sebagai obat. Bahkan akhir-akhir ini propolis digunakan sebagai obat penghambat virus HIV. Namun saat ini saya tidak akan menjelaskan itu semua.

Saya akan menjelaskan uniknya tingkah lebah dari beberapa jurnal penelitian. Jadi artikel ini bukan hanya karangan. Namun saya ambil dari beberapa referensi jurnal terkait.

Berikut keunikan-keunikan tin gkah leba h yang luar biasa :

KEUNIKAN LEBAH

1. Lebah mempunyai system organisasi yang jelas dan terstruktur. Ada 3 golongan dalam struktur organisasi lebah yaitu : Ratu, pejantan, dan pekerja. Tugas ratu adalah bertelur dan melahirkan lebah pekerja dan pejantan, tugas lebah pekerja adalah membangun sarang, mencari makanan dan mempertahankan sarang dari gangguan luar. Tugas pejantan adalah mengawini betina, jika para pejantan sudah tidak mampu memberikan keturunan maka sang ratu akan membunuhnya.

2.  Lebah memiliki system komunikasi yang unik, sebagai contohnya ketika dimusim paceklik atau tidak banyak tumbuhan yang menghasilkan nectar, madu atau polen. Lebah akan mengembara sampai puluhan kilometer untuk mendapatkan makanan. Jika salah satu lebah menemukan makanan di tempat yang jauh, maka lebah tersebut akan pulang kesarang dan memberitahukan kepada lebah pekerja yang lain dengan tarian yang unik, setiap gerakan yang dilakukan akan menggambarkan arah dan jarak di mana tempat makanan itu berada.

3.  Lebah hanya akan menyengat ketika benar-benar terancam, sengatan lebah akan berdampak kematian bagi si lebah sendiri. 30 menit setelah menyengat lebah akan mati. Kenapa ? karena sengat lebah akan terbawa dan keluar dari perut, lebah tidak lagi mempunyai sengat dan akhirnya mati beberapa waktu kemudian.

4.  Sarang lebah tidak akan ditumbuhi jamur, bakteri atau yang lain. Sarang lebah merupakan tempat paling steril buatan alam. Sarang lebah mampu menghambat mikroorganisme dan mempertahankan daerah sarang tetap steril. Hal ini karena lebah mengumpulkan zat resin dari tanaman mencampurnya dengan bergagai macam antioksidan, antifungal dan antibakteri. Inilah yang sering kita sebut propolis. Belakangan ini propolis diketahui dapat menghambat virus HIV.

5. Jika sarang mereka dalam ancaman, seokor lebah akan menyerang dan menyengat penyusup, kemudian di ikuti lebah-lebah yang lain. Mereka memiliki veromon untuk saling beriteraksi.

6. lebah tidak pernah tidur, lebah hanya diam dan tidak bergerak saat istirahat.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !