Tips Agar Kita Cepat Betah di Sekolah Baru

Tips Agar Kita Cepat Betah di Sekolah Baru – Setelah melalui suka-duka di sekolah yang lama kini tibalah saatnya bagi kita untuk menapak jenjang yang lebih tinggi, melanjutkan sekolah guna mengejar asa dan harapan agar hidup kita kelak bisa lebih berkualitas.

Memasuki sekolah yang baru jelas membutuhkan adaptasi, karena kita akan bertemu teman baru, lingkungan baru dan sekolah yang baru.

Masalahnya tidak semua anak dapat beradaptasi dengan mudah, khususnya bagi kita yang mempunyai tipikal pendiam dan pemalu. Namun itu tidak menjadi sebuah alasan bagi kita untuk cepat merasa betah di sekolah yang baru.

Tips Agar Kita Cepat Betah di Sekolah Baru

salah-satu sekolah di purwokerto

Mau tidak mau kita harus bisa merubah diri kita supaya dapat dengan mudah memperoleh teman baru di sekolah yang baru ini.

Tidak ada salahnya merubah hidup kita, toh untuk kebaikan, bukan merubah kearah yang negatif.

Setiap anak pasti ketika berada di sekolah yang baru dia akan merasa asing, seperti di dunia yang berbeda, dunia yang dia belum pernah dia lalui sebelumnya. Perasaan seperti itu wajar, karena kita belum terbiasa saja.

Imbasnya adalah ketika seseorang tidak bisa beradaptasi dengan cepat, kita akan merasa tidak betah, tidak nyaman, seolah-olah sekolah yang baru merupakan neraka yang ingin cepat-cepat kita tinggalkan.

Belum lagi kita akan ketemu dengan namanya MOS (masa orientasi siswa) yang bila dibanyangkan akan membuat kita malas untuk melaluinya. Karena MOS biasanya akan dijadikan ajang kejahilan kakak-kakak kelas untuk mengerjai adik kelasnya.

Tapi tenang saja sahabat, MOS sekarang sudah ditiadakan, istilah MOS sudah diganti dengan PLS (pengenalan lingkungan sekolah), yang didalamnya tidak akan ada unsur perploncoan, tidak ada lagi siswa yang baru disuruh menggunakan atribut-atribut yang identik dengan MOS dulu, seperti topi kerucut dan kaos kaki beda warna.

Pokoknya MOS sekarang bakal berubah wajah menjadi lebih ramah, tidak akan ada hukuman dengan menggunakan fisik, jadi bila kita sedang mengalami masa-masa itu sudah tidak usah takut.

Fokus kita adalah bagaimana agar diri kita cepat merasa betah berada di sekolah baru, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan diantaranya:

Siapkan peralatan sekolah

Bagi pelajar peralatan sekolah itu seperti peluru bagi para regu tembak, regu tembak akan merasa tidak nyaman ketika dia tidak mempunyai peluru. Itu pun yang dirasakan bagi para pelajar bila peralatan sekolah belum lengkap pasti dia akan merasa tidak nyaman.

Maka persiapkanlah peralatan sekolah dari sekarang, dimulai dari buku, alat tulis dan peralatan sekolah yang lain.

Cepat cari teman

Salah-satu cara supaya kita cepat merasa betah di sekolah yang baru adalah mempunyai teman, maka dari itu moment PLS harus dimanfaatkan benar untuk mencari teman.

Tak usalahlah memilih-milih teman baru, siapa saja jadikan teman baik itu laki-laki atau perempuan, sesegeralah dekati teman barumu dan ajaklah untuk berkenalan.

Jadilah anak yang menyenangkan

Setelah sukses mencari teman, maka kita harus bisa menjadi teman yang menyenangkan, mungkin banyak teman yang bisa kita dapatkan namun jarang kita menemukan teman yang menyenangkan.

Nah untuk itu maka jadilah anak yang menyenangkan, teman yang menyenangkan selama berada di sekolah akan teringat sampai kapanpun termasuk ketika kita tua nanti, buat keberadaan kita dirindukan dengan sikap ramah, peduli dan setia kawan.

Tebar senyuman

Orang yang ramah dan murah senyum cenderung cepat disukai oleh teman, maka di sekolah yang baru tebarlah senyuman, agar kita cepat mendapat teman dan sohib yang bisa diandalkan.

Tidak sulit kok untuk tersenyum, maka lakukanlah, hindari dari raut wajah yang tidak ramah, ingat ini  sekolah baru, jadi kita yang harus beradaptasi dengan lingkungan.

Hindari perbuatan yang dibenci teman

Ada beberapa hal yang tidak disukai teman kita maka ketika kita berada disekolah yang baru jangan tonjolkan perbuatan itu, seperti sombong, berkata tidak baik, jail.

Sekali lagi hindari perbuatan itu agar kita cepat merasa betah di sekolah dan tidak ada teman yang benci terhadap kita.

Jangan membuat masalah dengan kakak kelas

Namanya juga anak baru bila dihadapkan dengan permasalahan dengan kakal kelas, jelas akan menggangu aktivitas belajar kita di sekolah, maka hindarilah masalah dengan kakak kelas.

Bermasalah dengan kakak kelas akan menganggu pikiran kita, kita akan merasa tertekan karena harus memikirkan banyak hal soal adapatasi, jangan sampai pikiran kita akan terkuras juga ketika kita bermasalah dengan kakak kelas.

Kakak kelas akan bersifat setidaknya mau dihormati oleh kita sebagai warga baru di sekolahan tertentu, hal yang wajar karena mereka lebih dulu masuk dari pada kita, tidak ada salahnya juga bukan untuk menghormati mereka.

Kenali lingkungan sekolah

Tidak hanya teman, mengenali lingkungan sekolah juga perlu dilakukan supaya menambah diri kita merasa nyaman berada dilingkungan sekolah tersebut.

Kita harus tahu ruangan per ruangan, jangan sampai ketika kita akan pergi ke kamar kecil malah kita menuju ruangan kantor. Mengenali lingkungan ini perlu agar kita tidak mendapat kesulitan.

Demikian beberapa tips “agar kita cepat merasa betah di sekolah baru” dan berbahagialah bagi kita yang bisa menikmati masa-masa sekolah, karena disini kita kelak akan menanam banyak memori suka-duka yang sulit untuk dilupakan.

Salam.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !