Tips Agar Puasa Sunahmu Menyenangkan

Tips Agar Puasa Sunnahmu Menyenangkan – Yang namanya ibadah itu ada dua, ada yang wajib dan ada yang sunnah. Singkatnya kalau wajib itu harus dilakukan, mau atau g mau, pokoknya kalau tidak dilakukan itu akan berdosa. Nah kalau sunah itu jika dilaksanakan dia akan dapat pahala, jika tidak juga tidak mendapat dosa. Begitulah kira-kira. Maap ya kalau salah, darahku jangan dihalalkan, hehe

Jadi ketika kamu tak pernah putus shalat 5 waktu, sebetulnya itu biasa aja. Itu kewajiban kan? Itu keharusan kan? Kewajiban lalu dilaksanakan, lalu dimana letak hebatnya?

puasa

puasa

Akan beda ceritanya jika kamu melaksanakan ibadah-ibadah sunah. Dilaksanakan ya boleh, tidak dilaksanakan ya boleh. Tapi kamu memilih melaksanakan. Itu baru namanya TOP.

Nah salah satu amalah sunnah contohnya adalah puasa senin kamis. Puasa yang dilaksanakan pada hari senin dan juga kamis. Yaiyalah…… Nah berikut mencoba memberi tips agar puasa sunnahmu menyenangkan, tidak berasa menyiksa.

Niat

Jelas, melakukan apa-apa ya jelas diawali dengan niat, keinginan. Jika kamu sudah punya niat akan puasa, tentu kamu sudah tahu konsekuensi apa yang akan menjadi godaanmu. Lapar, haus, jaga lisan, jaga mata, jaga nafsu. Kamu tahu itu semua dan kamu tak akan mengeluh, tapi menjalankannya dengan penuh tanggung jawab dan menyenangkan.

Siapkan menu sahur

Berdasarkan pengalaman, santap sahur adalah hal yang paling malas untuk dilakukan. Bagaimana tidak, sedang lelap-lelapnya kita tertidur, sedang hangat-hangatnya dibalik selimut, kita harus bangun. Walaupun sahur hukumnya gak wajib, sahur adalah hal yang penting. Ibaratnya kita mengisi bensin di pom bensin untuk perjalanan jauh.

Tips Agar Puasa Sunahmu Menyenangkan

Untuk mengatasi kemalesan pada saat sahur, siapkan makanan yang menarik. Bisa jadi itu makanan atau lauk kesukaanmu.

Tidur Lebih awal

Tidur lebih awal akan membuat energi dalam tubuhmu tetap terjaga. Dengan tubuh yang prima, kita bisa menjalankan puasa tanpa dibarengi rasa lemas dan lelah, juga ngantuk. Ingat, untuk jaga-jaga pasang alarm waktu sahurmu.

Ajak seseorang yang special

Tahu kan orang yang special? Itu tuh yang kemarin jalan-jalan bareng. Hehe
Tapi jangan hanya jalan bareng atau makan bareng, ajak juga ia untuk bersama-sama mendekatkan diri kepada-Nya. Tidak ada yang lebih menyenangkan dari melakukan sesuatu bersama orang yang kita kasihi. Termasuk puasa. Ketika sahur kalian bisa saling membangunkan, ketika buka juga saling memberi ucapan selamat buka, manis bukan?

Rencanakan buka bersama

Hal paling seru dari puasa adalah ketika ada buka bersama. Menanti detik-detik waktu buka bareng, doa bareng, rebutan makanan, cerita bareng. Pokoknya ada moment keseruan tersendiri ketika buka bersama, kehangatan yang mahal harganya. Tentu untuk buka puasa sunnah bersama kamu harus merencanakan puasa sunnah bersama dulu dong. hehe

Menu buka yang kamu inginkan

Bukan masalah pemborosan atau apalah itu, tapi kamu juga harus menghargai dirimu sendiri. Perjuanganmu seharian juga harus diapresiasi dengan menu buka yang sesuai seleremu. Tidak harus yang mahal-mahal kok, juga bukan yang berlebihan.

Puasa Sunnah itu gak ada ruginya

Coba sebutkan apa kerugiannya puasa sunnah? Gak ada kan. Malah kebalikannya, kita mendapatkan untung yang banyak, pertama jelas kita akan mendapatkan pahala, kedua kita jadi ngirit ongkos makan dan jajan, lalu dengan puasa organ pencernaanmu akan sehat karena diberi waktu untuk beristirahat. Gimana? Jadi kapan akan memulai puasa sunnah? Ayo kita bareng-bareng.

Baca : Seduhan teh hangat dari Tegal : Moci

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !