21 Tips Manajemen Waktu Yang Efektif dari Ahlinya, Pengusaha Harus Baca !

By | 16 Desember 2016

21 Tips Manajemen Waktu Yang Efektif dari Ahlinya, Pengusaha Harus Baca ! – Karena pengusaha pada akhirnya bertanggung jawab untuk setiap aspek bisnis mereka, mengalokasikan waktu untuk tugas-tugas yang tepat sangat penting untuk menjaga bisnis Anda berjalan lancar.

Manajemen waktu bukan hanya tentang bekerja keras, ini tentang bekerja cerdas. Berikut saya rangkum dari 34 ahli manajemen waktu terbaik.

Gunakan 21 tips ini untuk mencoba dan menemukan strategi yang paling cocok untuk bisnis Anda.

#1. Ambil dan manfaatkan Keuntungan dari Just In Time Learning

Oleh Pat Flynn di www.smartpassiveincome.com

“Just-in-time-learning” Bagi saya telah mengubah segalanya.

Artinya, saya hanya mengkonsumsi dan mempelajari konten yang terkait langsung dengan tugas yang sedang saya kerjakan. Saya akan mengabaikan hal-hal yang menurut saya tidak penting dan diluar tugas dan tanggung jawab yang sedang saya kerjakan atau yang ingin saya capai.

FOMO (fear of missing out / Takut Kehilangan), karena begitu banyak hal besar di luar sana dan kita tidak boleh ketinggalan.

Kamu bisa membuat catatan tentang hal-hal yang penting dan berpotensi membantu apa yang sedang Anda kerjakan. Catat hal-hal tersebut untuk Anda belajar.

Semua konten yang kamu pelajari benar-benar kamu lakukan dalam praktek dan tindakan, jangan pelajari yang tidak kamu sedang butuhkan sekarang.

21Tips Manajemen Waktu Yang Efektif dari Ahlinya, Pengusaha Harus Baca !

Ilustrasi

#2. Prioritaskan dan Delegasikan

Oleh, Elizabeth Rahmat (www.reallifee.com )

Pahami dan tahu prioritas pribadi Anda dan menempatkan profesionalisme Anda, selalu rencanakan prioritas Anda dalam jadwal.

Dapatkan seorang “asisten” terbaik yang dapat mendelegasikan penjadwalan dan kegiatan rutin lainnya yang harus kamu lakukan. Asisten ini bisa pasangan, teman, atau asisten yang Anda pekerjakan danakan menjadi salah satu pendorong produktivitas kerja dan mengurangi beban stres Anda.

#3. Just Star (Mulai saja)

Oleh, Craig Jarrow ( www.timemanagementninja.com)

Mulai Saja !

Kebanyakan pengusaha tidak pernah benar-benar mulai.

Ide bisnis brilian berakhir sebelum bisnis tersebut benar-benar dimulai.

Berhenti menunggu untuk waktu yang menurut Anda tepat…. karena tidak satupun waktu itu benar-benar ideal. Waktu paling ideal adalah saat kamu memulai sesuatu.

Berhenti menunggu untuk produk yang kamu anggap sempurna … memulai dengan produk yang kamu miliki, meskipun dalam keterbatasan !.

Berhenti berangan-angan dan menunggu suatu hari nanti … karena hari itu tidak akan pernah datang.

Ingat sebuah pepatah

“ Anda tidak akan menyelesaikan apa-apa … jika Anda tidak pernah memulai apa-apa”.

#4. Bingkai dan Lindungi atau pikirkan ulang pemikiran Anda

Oleh, Maura Thomas (www.regainyourtime.com)

Membingkai pemikiran Anda. Manajemen waktu adalah ide jadul, dan manajemen “perhatian” adalah jalan baru untuk sebuah produktivitas.

Ini bukan hanya tentang bagaimana Anda mengatur waktu untuk tugas yang sedang dikerjakan, Tapi memberikan perhatian 100% pada tugas tersebut. Anda mengalokasikan waktu untuk tugas, tetapi ternyata menghabiskan waktu untuk beberapa tugas yang berbeda, hasil akhirnya pasti akan berbeda dari apa yang Anda sebenarnya inginkan.

Memfokuskan perhatian , berarti secara efektif mengelola gangguan internal dan eksternal, dan menghasikan pekerjaan yang lebih berkualitas dengan waktu yang lebih cepat. Dari pada Anda sibuk mengerjakan banyak tugas, namun dengan hasil yang tidak memuaskan dan menghabiskan banyak waktu.

#5. Gunakan Sistem notecard

Oleh, Gregory Ciotti (www.sparringmind.com)

Untuk lebih mengontrol waktu terbaik, mulailah dengan memahami di mana waktu yang paling Anda habiskan. Ada banyak alat/tools untuk melihat waktu yang anda habiskan, lakukan kontrol waktu dengan penuh kejujuran, misalnya dengan lightweight—Marc Andreessen’s notecard system, Anda dapat mengontol  waktu mana yang lebih penting dan yang tidak penting.

Atau Anda bisa gunakan cara sederhana, yaitu dengan menuliskan manual pada sebuah catatan singkat, seperti bentuk memo untuk mengingatkan Anda pada penggunaan waktu pada saat bekerja. Karena Anda tidak mungkin untuk mengingat semuanya, gunakan itu untuk mengatur segala kegiatan berdasarkan jadwal yang dipatok dengan perencanaan waktu.

Dengan cara tersebut, Anda akan melihat apa yang Anda diprioritaskan dan Anda lakukan. Apa pekerjaan telah ditambahkan serta pekerjaan apa tambahan apa yang sudah anda lakukan, dan selalu prioritaskan waktu pada pekerjaan utama Anda.

#6. Buat Manajemen Prioritas

Oleh, Ann Gomez (www.clearconceptinc.ca)

Fokus !!

Terlalu banyak mengatasi banyak hal sekaligus, Karena akan membuat sedikit kemajuan. Pertimbangkan apa kegiatan yang dilakukan dan dampaknya. Jangan biarkan gangguan lainnya mendikte Anda keluar dari fokus utama Anda.

Anda membutuhkan sistem manajemen prioritas yang solid dalam membantu mengelola prioritas Anda.

Kita sering sebut dengan istilah “Master Plan”.

Buat daftar prioritas Anda dan semua tugas yang terkait. Buat juga daftar tugas lain yang akan dilakukan di luar prioritas Anda. Ada gol pada setiap Master Plan Anda, tetapi Anda harus tahu bahwa daftar tugas lain tersebut adalah daftar diluar prioritas dan dikerjakan setelah prioritas Anda saat ini tercapai.

#7. Berdamai dengan diri sendiri

Oleh, Carson Tate (www.carsontate.com)

Sebagai pengusaha, Anda harus menempatkan diri pada level bekerja lebih dari kemampuan terbaik kamu karena kamu harus all in.

Kamu butuh waktu, tenaga, dan perhatian lebih, tempatkan Anda pada kecepatan penuh. Berfikir lebih, lebih dari biasa dan jangan pernah ada waktu yang terbuang. Lakukan pekerjaan sebaik mungkin baru kemudian berhenti.

#8. Kurangi Beban Kognitif Anda

Oleh, Rodolphe Dutel (www.remotive.io)

Mengelola beban kognitif Anda.

Mengelola beban kognitif Anda sehingga Anda tidak perlu “terus mengingat banyak hal”.

Untuk melakukan itu, saya menggunakan SaneBox untuk mengurangi beban email saya, maka saya mendokumentasikan segala sesuatu yang saya rasa penting di Evernote. Saya menjalankan 35 terpisah Evernote Docs dengan catatan chatting dengan orang-orang yang penting, menindak (pertanyaan, hasil dan item tindakan).

Semua tugas dapat diprioritaskan dan menetapkan jadwal saya dengan jelas.

#9. Luangkan Waktu untuk Jeda dan Berpikir

Oleh, Peter Bregman (www.peterbregman.com)

Hal yang paling penting bagi seorang pengusaha sibuk adalah menghentikan segala aktivitas dan berpikir sejenak. Sebagai pengusaha yang sibuk, bergerak begitu cepat dari satu hal ke hal berikutnya, bahkan tanpa jeda untuk sekedar bernafas.

Tapi itu adalah sebuah kesalahan.

Mengambil setidaknya 5 menit di pagi hari untuk berpikir tentang hari yang akan anda lewati.

Misalnya ;

Apa yang paling penting bagi Anda untuk dicapai hari ini?

Apakah jadwal sudah sesuai dengan prioritas itu?

Atur telepon berbunyi setiap jam dan, dan tanyakan pada diri sendiri:

Apakah saya melakukan apa yang paling saya harus lakukan?

Apakah saya menjadi yang paling saya inginkan?

Dan pada akhir hari, luangkan selama 5 menit dan bertanya pada diri sendiri:

Apa yang saya pelajari hari ini? Siapa yang harus saya sampaikan terimakasih?

Dan, Apasaja yang ingin saya lakukan besok?

Sering kita berpikir tentang manajemen waktu sebagai peningkatan efisiensi. Tetapi beberapa orang tidak efektif. Kuncinya untuk menjadi efektif – untuk bekerja pada apa yang paling penting dan meninggalkan segala sesuatu yang lain yang tidak penting. Itu semua membutuhkan pemikiran, perencanaan, dan pelaksanaan jam demi jam.

Itulah pentingnya meluangkan jeda waktu untuk sekedar berfikir.

#10. Membuat Waktu yang tidak terjadwal

Oleh, Jocelyn K. Glei (www.jkglei.com)

Untuk membangun 2-4 jam waktu yang tidak terencana/ terstruktur ke dalam jadwal mingguan Anda. Sebuah waktu yang disisihkan untuk pbelajar, eksplorasii, dan berpikir. Bagi banyak pengusaha yang sibuk ini mungkin tampak kontra-intuitif atau  aneh. Namun hal ini penting dan memilki 2 tujuan utama:

  1. Bila Anda terus-menerus sibuk dan tidak punya waktu luang bahkan setiap menit setiap hari yang menguras otak Anda, dan berdampak pada: kemampuan kognitif Anda menurun, Anda menjadi lebih cenderung membuat kesalahan, dan Anda menjadi kurang teliti.
  2. Pada saat Awal di Amazon, Jeff Bezos meluangkan hari Senin dan Kamis nya untuk mencurahkan berfikir mendalam tentang visi perusahaan. Membuat beberapa “waktu tidak terstruktur” menjernihkan pikiran dan itu merupakan ciri dari CEO sukses karena tanpa itu mereka akan selalu bereaksi terhadap masalah di depan mereka, dan meluangkan waktu untuk berpikir tentang masa depan perusahaan.

#11. Lakukan Hal Paling Penting di Pagi Hari

Oleh, Kamil Rudnicki (www.timecamp.com)

Gunakan waktu terbaik untuk berfikir

Gunakan waktu terbaik untuk berfikir. Banyak orang membuang waktu, jadi fokuslah pada yang efektif, melakukan hal yang benar di waktu yang tepat. Bekerja dengan penuh tekanan tidak baik. Merasa cemas tidak baik.

Anda tidak harus menilai keberhasilan Anda berdasarkan hasil sendiri. Hasil yang paling positif dapat dari hal-hal yang Anda tidak harus lakukan. Melakukan hal-hal yang paling penting di pagi hari akan menghindari keputusan yang salah.

#12. Prioritaskan Tugas Menggunakan Metode ABCDE

Oleh, Tor Refsland (www.timemanagementchef.com)

memprioritaskan tugas-tugas menggunakan metode ABCDE:

A: Tugas yang harus Anda lakukan – konsekuensi serius jika tidak sampai dilakukan

B: Tugas yang harus Anda lakukan – konsekuensi ringan jika tidak sampai dilakukan

C: Tugas Anda bisa melakukan – tidak ada konsekuensi jika tidak sampai dilakukan

D: Tugas Anda yang harus diserahkan

E: Tugas Anda yang tidak dilakukan

Ini adalah trik: Anda tidak pernah melakukan tugas B sebelum Anda melakukan semua tugas A, dan Anda tidak pernah melakukan tugas C sebelum Anda telah melakukan semua tugas B. Kemudian menerapkan aturan 80/20 untuk mengidentifikasi setiap hari; 20% proses dan 80% hasil, itu prioritasnya.

#13. Jadwalkan Semuanya!

Oleh, Tim Bourquin (www.afteroffers.com)

Jika tidak bisa dijadwalkan itu tidak bisa dilakukan!

Bagi saya, jika tidak bisa dijadwalkan itu tidak bisa dilakukan! Jadi penjadwalan setiap jam dari hari kerja saya adalah penting untuk fokus dan produktif. Bahkan “waktu luang” digunakan untuk mengejar tujuan.

Manajemen waktu adalah tentang menyelesaikan tugas-tugas tertentu setiap hari, dan satu-satunya cara saya tahu bagaimana mencapai tujuan adalah melihat kemajuan dalam proyek-proyek kecil yang bisa saya capai setiap harinya. Setiap hari saya mendapat salah satu bagian kecil dari tujuan yang lebih besar dan ketika saya mencapai itu saya sudah selesai untuk hari itu.

Saya juga menjadwalkan waktu tertentu sehari untuk bekerja pada banyak hal. Jika saya tidak menjadwalkan waktu maka saya tidak mengerjakan hal tersebut di hari itu.

Mengelola waktu berarti perencanaan di awal. 30 menit terakhir dari hari saya selalu disisihkan untuk jadwal hari kerja berikutnya.

Dibutuhkan disiplin, tapi itu satu-satunya cara yang saya tahu untuk menjadi produktif.

# 14. Jangan menetapkan skejul Diri yang berlebih

Oleh, Mike Vardy (www.productivityist.com)

Jangan hyperschedule. Gunakan kalender untuk mengaturnya,  seperti tugas harian atau tugas proyek mingguan selama periode waktu yang konsisten, (seperti menulis buku Anda dari pukul 5 pagi – 8 setiap hari kerja) bukannya mengalokasikan setiap menit sepanjang hari dengan sesuatu yang spesifik.

Anda dapat melakukan list hingga detail karena itu adalah rancangan. Namun, jangan buat rancangan Anda berlebihan bahkan membuat rancangan yang tidak benting atau membuat rancangan yang terlalu membebani yang tidak logis.

#15. Lakukan saja tugas pertamamu

Oleh, Mark Manson (www.markmanson.net)

Guru matematika SMA saya pernah mengatakan kepada saya bahwa jika Anda terjebak pada masalah dalam matematika,

mulai menuliskan angka dan Anda akan menemukan jawaban sedikit demi sedikit dari permasalahan Anda

Solusi ini bukan hanya untuk masalah mengerjakan soal matematika. Namun dalam semua kehidupan.

Setiap ada masalah, dan tidak tahu bagaimana menyelesaikanya, maka saya melakukan bagian terkecil dari tugas untuk memulai menyelesaikan masalah.

Bagaian kecil akan mulai membesar dan menyelesaikan masalah.

#16. Carilah Cara yang mudah jika ada yang otomatis

Oleh, Peggy Duncan (www.personalproductivityexpert.com)

Orang sering memilih bekerja lebih keras dan menghabiskan banyak waktu untuk menyelesaikanya sendiri. Bekerjalah lebih cerdas.

Pengusaha harus benar-benar mampu menciptakan lebih banyak waktu luang dengan menciptakan proses yang lebih singkat dalam menyelesaikan pekerjaanya.

Pertama, mampu memutuskan apakah pekerjaan diperlukan. Jika perlu dan Anda harus melakukan lebih dari tiga kali, Anda harus mengembangkan proses yang dipikirkan dengan keluar dari aturan dan menciptakan aturan baru yang lebih efisien.

Setelah Anda mengetahui cara terbaik, misalnya memilih teknologi yang tepat untuk menyelesaikannya.

#17. Menghilangkan aktivitas yang tidak produktif

Oleh, Donald Latumahina (www.lifeoptimizer.org)

Terapkan aturan 80/20 dan menghilangkan kegiatan yang paling tidak produktif Anda. Perbuatan ini memungkinkan Anda untuk menjadi produktif tanpa sibuk. Tapi pertama-tama Anda harus memiliki kejelasan mengenai prioritas Anda dan kesediaan untuk melepaskan beberapa peluang.

#18. Mulai Hari Anda lebih awal dari orang Lain

Oleh, Brian Tracy (www.briantracy.com)

Mulailah hari Anda lebih awal dari orang lain. Jika Anda membaca biografi dan otobiografi pria dan wanita sukses, hampir semua dari mereka memiliki satu kesamaan dan itu adalah kebiasaan tidur pada jam wajar dan bangun lebih awal. Dengan bangun sebelum seluruh dunia bangun, Anda punya waktu untuk merencanakan hari Anda lebih awal dan mendapatkan memulai lebih dulu tugas-tugas.

Dan Anda tidak akan mendapat gangguan dari orang lain.

#19. Lakukan Audit Waktu untuk mengontrol performa

Rosemary Beras, (www.dailyplanit.com)

Menyadari waktu Anda benar-benar digunakan, dan memilih tugas-tugas yang memberikan nilai tertinggi dengan mempersingkat sebisa mungkin.

Audit waktu dapat memberikan informasi tentang penggunaan waktu yang mengfhasilkan perubahan positif. Ada beberapa cara mudah untuk melakukannya audit waktu, seperti menggunakan kode warna untuk kegiatan yang berbeda untuk warna di chronodex.

#20. Memisahkan Tiga Tugas Anda yang Paling Penting

Oleh, Chris Bailey (www.alifeofproductivity.com)

Pada awal hari, tanyakan pada diri sendiri: pada hari ini apa saja yang harus dilakukan?, pilih tiga hal yang ingin Anda capai hari ini.

Hal ini membantu Anda menyeleksi apa yang Anda tidak harus dikerjakan dan menghabiskan waktu setiap yang sebenarnya Anda bisa mengerjakan hal yang lebih penting.

#21. Manajemen Waktu adalah Tentang Manajemen Pikiran

Oleh, Helene Segura (www.helenesegura.com)

Pada setiap akhir hari, memetakan tugas yang akan dilakukan pada hari berikutnya dan berapa lama masing-masing akan diselesaikan. Kemudian jadwal tugas-tugas ke kalender Anda diantara janji/ jadwal yang sudah ada. \

Manajemen waktu adalah semua tentang manajemen pikiran. Setelah Anda menyadari bahwa Anda berada dalam kendali waktu Anda sehingga dapat memberitahu hal apa yang harus dilakukan dengan waktu tersebut.

Simpan

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !