Artikel, Karyawan

Tips Menghadapi Rasa Malas Dalam Bekerja

Tips Menghadapi Rasa Malas Dalam Bekerja – Dua temanku sering mencurahkan isi hatinya mengenai permasalahan dalam pekerjaan. Teman satuku bekerja di salah satu bank, dia sering bercerita tentang pekerjaan yang tidak sesuai dengan passion-nya, awal-awal dia berusaha untuk bahagia, tapi semakin kesini dia seperti terjajah dan menjalani tidak dengan hati.

Satu lagi temanku, perempuan, bekerja di Jakarta, menghabiskan 8-10 jam dalam sehari untuk disebuah perusahaan. Keluhannya tentang pekerjaan yang begitu memberatkannya, tapi dia tetap harus berjuang karena ingin sekali membahagiakan orang tua dan memnyekolahkan adiknya, dia tetap gigih bekerja.

Ada banyak orang yang mengalami hal yang serupa dengan kondisi temanku tersebut, mungkin anda salah satunya, tidak semangat dan malas bekerja karena berbagai alsan dan permasalahan yang ada. Berikut saya jelaskan Tips Menghadapi Rasa Malas Dalam Bekerja yang syukur bisa membantu dalam menghadapi masalah tersebut :

1. Apapun Bentuknya, Rasa Malas Itu Tidak Baik


Rasa malas apapun bentuknya itu tidaklah baik bagi diri, baik itu rasa malas dalam belajar, rasa malas olahraga, apalagi rasa malas dalam bekerja. Rasa malas dalam bekerja mengakibatkan menurunnya produktifitas hasil pekerjaan.

Ketika rasa mala situ dituruti, misalnya dengan sering membolos kerja, datang terlambat atau pekerjaan yang ditunda-tunda, itu akan menurunkan citra diri dimata atasan. Lalu bisa jadi citra diri yang buruk tersebut membuat anda tidak mendapatkan perpanjangan kontrak ataupun dipecat.

Bunuh rasa malasmu dengan rajin berolahraga. Menurut penelitian, olah raga akan mengakibatkan semangat dan gairah. Jadi mulai sekarang, atur jam tidurmu dan bangunlah lebih awal untuk meluangkan waktu sekedar untuk berolahraga selama 5 atau 10 menit.

2. Ingat Massa Depan


Apakah anda ingin menikah?  Atau ingin melanjutkan studi lanjutan? Yah semua itu membutuhkan uang. Uang tentunya didapat dari pekerjaan anda.

Misalnya saja keinginan untuk menikah, bukankah untuk proses pernikahan juga membutuhkan biya untuk catering, baju pengantin, sewa kursi, cetak undangan? Sekali lagi, itu memerlukan uang kan? Belum lagi ketika nanti sudah berumah tangga perlu memenuhi kebutuhan hidup kan? Harus membeli susu anak kan? Jajan anak, menyekolahkannya bla bla bla….Semua itu membutuhkan uang.
Ingat masa depan ingat bekerja!

3. Ingat Keluarga

Keluarga disini terutama orang tua adalah orang yang selama ini telah memperjuangkanmu hingga sebesar itu, menyekolahkanmu tinggi-tinggi. Meskipun mereka ikhlas, tapi kita pasti ada perasaan ingin membalas itu semua.

Sebenarnya kebahagiaan orang tua itu sederhana, yaitu melihat anaknya mempunyai pekerjaan yang baik dan melihat kehidupan anaknya lebih baik daripada orang tua. Makanya orang tua biasanya akan melakukan segala hal asalkan mereka bisa menyekolahkan anaknya setinggi mungkin berharap mereka dapat pekerjaan yang tak terlalu berat.

4. Sesekali Belilah Barang Hasil Hasil Pekerjaan


Ketika dapat gajian, belilah penghargaan untuk dirimu sendiri, pelit kepada diri sendiri, gunakan uangmu untuk membeli barang yang selama ini ingin sekali kamu miliki. Ini mengajarkan ternyata hasil kerja kerasmu selama ini ternyata bisa menghasilkan. Ada rasa kepuasan tersendiri ketika bisa membeli barang dengan hasil usaha dan kerja keras kita.

Tapi ingat yang saya katakana, membeli barang hanya sesekali saja, ketika kamu memeng benar-benar ingin sekali memiliki. Jangan gunakan uangmu untuk membeli barang yang tidka terlalu berguna, hanya sekedar ingin lalu menghambur-hamburkan seenaknya.

Harus ada yang disisihkan untuk ditabung, ingat point 2 dan 3 diatas.

5. Refreshing


Mungkin selama ini kamu jenuh dengan pekerjaan, terlalu lelah dan penuh tekanan selama 5/ hari dalam seminggu. Gunakan waktu libur ata weekend untuk meregangkan syara-syarat otakmu. Manjakan dirimu dengan melakukan kegiatan-kegiatan menyenangkan bersama teman atau keluarga.
Jangan gunakan akhir pekanmu untuk tidur saja, karena tidur biasanya hanya mengistirahatkan fisik, sedangkan otak juga harus ditamasyakan.

Tips Menghadapi Rasa Malas Dalam Bekerja
refreshing

Refreshingkan dirimu, itu akan membangkitkan gairah dan semagatmu dan itu akan menular juga pada aktifitas pekerjaanmu.

6. Bersyukur

Manusia adalah makhluk yang tak pernah puas, dapat 1 ingin 2, dapat 2 ingin 3, dan seterusnya. Termasuk juga dalam bekerja, sering mengeluh bahwa pekerjaannya itu sangat berat dan layak mendapatkan pekerjaan yang lebih “tinggi”.

Tapi pernahkan berfikiran bahwa masih ada orang lain yang pekerjaannya lebih berat? Pernahkah berfikiran masih banyak orang lain yang bahkan tidak mempunyai pekerjaan? Keluhanmu tidak akan membantumu meringankah pekerjaan, malah sebaliknya.

Bersyukurlah dengan apa yang sudah diberikan Tuhan terhadapmu, menerima dengan ikhlas akan membantu membunuh rasa ambisius yang kadang-kadang meletup-letup tanpa bisa ditahan. Bersyukur akan menenangkan pikranmu sehingga dalam bekerjapun kamu tidak akan merasa dibebani.

Tapi bersyukur berbeda dengan pasrah. Orang yang bersyukur bukan hanya menerima segala kondisi yang memberatkan dirinya, tapi disetai juga dengan usaha dan perjuangan menggapai segala keinginannya.

-RianNova-

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !