Artikel, Karyawan

Tips Menjadi Karyawan Teladan

Tips Menjadi Karyawan Teladan – Anda sekarang sudah bekerja menjadi karyawan disebuah perusahaan? Jika iya, baca artikel ini sampai selesai. Akan diulas seputar tips menjadi karyawan teladan. Namun sebelumnya, mari kita bahas dua tipe karyawan menurut pengalaman penulis. Dua tipe karyawan tersebut adalah, karyawan berprestasi dan karyawan biasa-biasa saja. Anda termasuk yang mana?

Definisi karyawan berprestasi mungkin akan relatif bagi setiap orang, tergantung standar yang ditetapkan oleh sebuah perusahaan. Begitu juga dengan karyawan yang biasa-biasa saja.

Karyawan biasa-biasa saja biasanya sangat mudah didefinisikan. Misalnya tidak pernah naik jabatan, atau kenaikan gaji yang tidak signifikan. Karyawan biasa-biasa saja biasanya selalu dapat menyelesaikan tugas namun jarang melewati target yang ditetapkan oleh perusahaan. Berbeda dengan karyawan yang berprestasi, mereka biasanya selalu bekerja dan melebihi target pekerjaan yang di berikan.

 

Tips Menjadi Karyawan Teladan

 

Jika anda ingin menjadi karyawan yang berprestasi, jangan pernah punya semboyan seperti padi “makin merunduk makin berisi”. Kenapa, karena seberapapun ilmu dan kemampuan anda jika anda diam maka atasan tidak akan pernah tau potensi anda. Anda akan sulit naik jabatan. Selalu presentasikan dan tunjikan kemampuan anda.

Baca juga : Pengusaha 3 juta sehari, karyawan?

Baik, berikut beberapa tips menjadi karyawan teladan :

  1. Berangkatlah lebih pagi dari karyawan lain di kantor anda. Berangkat lebih pagi dari karyawan lain akan memberikan lebih lama waktu untuk mempersiapkan apa saja yang diperlukan. Memulai start dari awal dibanding teman-teman karyawan lain.
  2. Selalu perhatikan arahan dari atasan, dan mintalah pertimbangan atasan setiap anda memiliki ide yang lebih baik dalam memecahkan sebuah permasalahan.
  3. Perhatikanlah hal-hal kecil, seperti kebersihan dan kerapian meja kerja. Kerapian pakaian, susunan buku dan alat-alat tulis atau folder file dalam komputer anda di kantor.
  4. Jadilah orang pertama yang menyelesaikan pekerjaan dan tugas-tugas kantor. Jadilah perubah dalam setiap momentum, terutama jika berhubungan dengan pekerjaan.
  5. Selalu mengikuti acara-acara yang dibuat oleh kantor meskipun diluar pekerjaan, misalnya acara gethring atau kamping di hari libur.
  6. Berusahalalah bekerja sama baiknya ketika ada atau tidak ada pimpinan. Dan sesekali tunjukan pada atasan anda kemampuan dan skill anda dalam bekerja, meskipun hanya kemampuan dasar.
  7. Buatlah banyak trobosan-trobosan kecil dalam pekerjaan, seperti strategi sederhana untuk mempersingkat menyusun laporan pekerjaan dengan memulai penyusunan lebih dahulu.
  8. Batasi pergaulan berlebihan dengan rekan kerja, karena bagaimanapun rekan kerja adalah kopetitor anda. Jika anda ingin mencari teman atau sahabat, ditempat kerja bukanlah tempat yang cocok.
  9. Bersikap profesional dalam setiap hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Hormati atasan, namun selalu waspada jika intruksi atasan tidak sesuai SOP atau peraturan.
  10. Bersabarlah jika atasan anda pemarah, tempramen atau menyebalkan.

Kurang lebih itulah hal-hal yang karyawan teladan lakukan. Jika itu semua sudah dilakukan maka 5 atau sepuluh tahun kemudian anda kemungkinan akan naik jabatan. Jika belum, paling tidak anda akan bertahan di perusahaan tersebut sampai anda pensiun.

Baca juga : Memilih pengusaha atau karyawan yang sukses?.

Demikian artikel tentang tips menjadi karyawan teladan, semoga dapat bermanfaat bagi karyawan yang ingin berprestasi.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !