Tips Menjadi Pelajar Berprestasi

Tips Menjadi Pelajar Berprestasi – Menjadi berprestasi adalah keinginan semua pelajar. Berprestasi adalah berhasil mencapai hasil maksimal dengan mengungguli competitor/pesaing disekitarnya, dalam hal ini adalah siswa lain.

Pelajar Berprestasi

Pelajar Berprestasi

Prestasi belajar bukan hanya kamu dapat nilai tertinggi dalam raport. Tapi berprestasi banyak jenisnya. Ada 5 aspek yang membedakan prestasi belajar, yaitu : kemampuan intelektual, strategi kognitif, informasi verbal, sikap dan keterampilan. Jadi jika kamu merasa sangat sulit untuk menyaingi temanmu dalam bidang nilai kognitif, kamu bisa mendapatkan prestasi dalam aspek yang lain, olahraga misalnya. Karena Tuhan menciptakan manusia dengan bakat yang berbeda.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa membuatmu untuk menjadi pelajar berprestasi:

Punya Mainset Pemenang

Mainset adalah pola piker. Bahasa lebih sederhananya adalah kepercayaan dan keyakinan untuk dapat meraih prestasi tinggi. Untuk berprestasi kita harus percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki.

Temukan Potensi Diri

Prestasi berhubungan dengan potensi. Potensi adalah kemampuan atau kekuatan yang dapat dikembangkan. Setiap orang mempunyai potensi yang berbeda-beda, temukan potensimu sedini mungkin, karena engkau akan mempunyai waktu yang lebih panjang untuk mengembangkan. Potensi biasanya berawal dari hobby.

Punya Ambisi tapi Bukan Ambisius

Jika ingin berpestasi kamu harus punya target yang tinggi. Kamu jangan bercita-cita menjadi biasa saja. Kamu harus melakukan apapun untuk dapat meraih target yang ditentukan tersebut. Tapi ingat, walau begitu kamu harus tetap menggunakan cara-cara yang positif, tidak boleh bermain curang misalnya. Lakukan dengan segala cara tapi tidak boleh menghalalkan segala cara.

Mau Terus Berlatih

Jika mau berprestasi, kamu harus terus melatih apa yang menjadi keinginanmu itu. Kegagalan adalah hal biasa, jadi yang harus kamu lakukan adalah bangkit kembali. Kelemahan kebanyakan orang adalah karena rasa malas, enggan memaksa dirinya. Rajin dan tekunlah melatih diri, maka prestasi hanya akan menunggu waktu.

Memanfaatkan Waktu

Waktu adalah hal sesuatu yang tak bisa berulang. Setiap orang mempunyai waktu yang sama, yaitu 24 jam, tidak ada yang lebih dan tak ada yang kurang, sama. Tapi kadang orang berbeda dalam pemanfaatannya. Orang yang akan berprestasi akan disiplin memanfaatkan waktu yang ada. mengisinya dengan kegiatan yang bermanfaat.
Sebagai pelajar, kita harus mempunyai agenda dan jadwal kegiatan. Mulai dari bangun pagi sampai tidur lagi. Mau memaksa diri untuk berdisiplin adalah kunci prestasi, sekaligus konsisten.

Mempunyai Mentor

Sehebat apapun Christiano Ronaldo, Justien Bieber dan tokoh-tokoh hebat lainnya tidak akan dapat menorehkan berbagai prestasi gemilang tanpa adanya mentor/pelatih. Peran seorang mentor adalah membantumu untuk menggali potensimu secara maksimal, membagi pengalaman untuk selanjutknya ditularkan ke kamu.

Baca juga : 6 Musuh pelajar

Kamu bisa mencari mentor sesuai dengan potensi yang kamu miliki, misalnya kamu ingin berprestasi dalam olahraga basket berarti kamu harus dekat dengan pelatih atau pemain senior basket.

Menjaga Pergaulan

Menjadi gaul itu harus. Tapi pergaulan yang sebebas-bebasnya itu jangan. Kamu harus pintar-pintar memilih teman, mana yang kira-kira akan membawa kebaikan dan keburukan, bukan cuma sekedar senang-senang.

Gaya Hidup yang Baik

Gaya hidup yang buruk menciptakan disiplin yang buruk pula. Orang yang kurang terkontrol tidak akan menjadi orang yang berprestasi. Hedonis, tidur larut malam, merokok, bahkan minum-minuman keras adalah contoh dari hal buruk yang harus kamu hindari.

Berbakti dan Berdoa

Kita harus sadar bahwa ada kekuatan lain diluar diri kita yang akan mempengaruhi prestasi. Yaitu kehendak Tuhan dan ridho orang tua. Berdoalah dan minta restu setiap akan melakukan/mengerjakan sesuatu, dengan begitu segala kesulitan pasti akan dimudahkan.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !