VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH UNGGULAN

VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH UNGGULAN
Islam sangat mementingkan pendidikan. Dengan pendidikan yang benar dan berkualitas, individu-individu yang beradab akan terbentuk yang akhirnya memunculkan kehidupan sosial yang bermoral. Sayangnya, sekalipun institusi-institusi pendidikan saat ini memiliki kualitas dan fasilitas, namun institusi-institusi tersebut masih belum memproduksi individu-individu yang beradab. Sebabnya, visi dan misi pendidikan yang mengarah kepada terbentuknya manusia yang beradab, terabaikan dalam tujuan institusi pendidikan. Oleh karena itu, Lembaga pendidikan yang baik dan mendukung terselenggaranya suatu pendidikan amat dibutuhkan dan turut berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pendidikan yang diinginkan. Demikian pula dalam sistem pendidikan Islam, lembaga pendidikan harus diciptakan sedemikian rupa sesuai dengan karakteristik pendidikan Islam itu sendiri.
VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH UNGGULAN
VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH UNGGULAN
Agar pendidikan yang diterima oleh peserta didik secara maksimal, haruslah dibuat sistem pendidikan yang ideal. Yang dimaksud ideal adalah yang memenuhi beberapa kriteria seperti pendidikan yang sesuai umur, sesuai kapasitas kemampuan peserta didik dalam menerima, dan pendidikan yang diberikan secara bertingkat dan bertahap. Oleh karena itu untuk menciptakan lembaga pendidikan yang ideal maka harus adanya visi,misi, dan tujuan yang jelas dan baik. 
Berdasarkan Pemaparan diatas, Pemakalah akan memaparkan mengenai Visi, Misi dan Tujuan Madrasah Unggulan. Karena menurut Pemakalah, Madrasah merupakan Pendidikan yang ideal dan yang islami. Serta untuk membentuk sistem pendidikan yang ideal dalam lembaga pendidikan islam maka, diperlukan adanya Visi, Misi dan tujuan yang jelas dan baik. Makalah ini sengaja disusun sebagai syarat dalam mengikuti Ujian Akhir Semester. Untuk itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat konstruktif dari pembaca sehingga apa yang diharapkan dapat terpenuhi dengan baik.
Sistem pendidikan Indonesia lebih menonjolkan aspek keilmuan, dan tidak memberikan pengajaran yang seimbang dalam pembentukan akhlaq mulia (akhlaqul karimah), padahal tujuan pendidikan yang ideal adalah membentuk anak-anak didik menjadi insan yang bertaqwa atau insan kamil. Pendidikan itu berfungsi untuk membentuk pribadi yang berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, yang cerdas, yang demokratis. Namun untuk mewujudkan itu semua atau untuk menghasilkan peserta didik yang seperti itu, sebuah lembaga pendidikan yang ideal misalnya seperti madrasah, dibutuhkan adanya Visi, Misi dan Tujuan yang jelas dan baik. Yang nantinya mampu menghasilkan generasi atau output yang baik seperti yang di inginkan. 
A. Pengertian Visi dan Misi
Visi merupakan gambaran tentang masa depan (future) yang realistik dan ingin diwujudkan dalam kurun waktu tertentu. Visi adalah pernyataan yang diucapkan atau ditulis hari ini, yang merupakan proses manajemen saat ini yang menjangkau masa yang akan datang (Akdon, 2006:94). Sinamo (1998:4) menegaskan bahwa “secara ringkas visi adalah apa yang didambakan organisasi untuk “dimiliki” atau diperoleh di masa depan (what do we want to have). Sedangkan misi adalah dambaan tentang kita ini akan “menjadi” apa di masa depan ( what do we want to be). Agar efektif dan powerfull, maka visi harus jelas, harmonis, dan kompatibel. 
Visi merupakan konsep yang ideal yang ingin dicapai oleh suatu lembaga, yaitu untuk menjadi lembaga yang paling unggul. Visi yang paling efektif adalah visi yang dapat memunculkan inspirasi. Inspirasi tersebut biasanya dikaitkan dengan keinginan terbaik. Visi memberikan motivasi dan kebanggaan bagi suatu organisasi. Suatu visi menjadi lebih riil bila dinyatakan dalam bentuk misi.
Misi merupakan tindakan atau upaya untuk mewujudkan visi. Jadi misi merupakan penjabaran visi dalam bentuk rumusan tugas, kewajiban, dan rancangan tindakan yang dijadikan arahan untuk mewujudkan visi. Dengan kata lain, misi adalah bentuk layanan untuk memenuhi tuntutan yang dituangkan dalam visi dengan berbagai indikatornya. Jadi misi adalah apa yang didambakan oleh organisasi atau lembaga untuk menjadi seperti apa yang diinginkan di masa depan (what do they want to be).
Visi Madrasah Unggulan ada dua yaitu Visi Makro dan Visi Mikro.. Visi Makro pendidikan madrasah unggulan adalah terwujudnya masyarakat dan bangsa Indonesia yang memiliki sikap agamis,berkemampuan ilmiah-amaliah, terampil dan profesional. Visi Mikro pendidikan madrasah unggulan adalah terwujudnya individu yang memiliki sikap agamis, berkemampuan ilmiah-diniah, terampil dan profesional, sesuai dengan tatanan kehidupan.
Misi Pendidikan Madrasah Unggulan yaitu : 
a) Menciptakan calon agamawan yang berilmu.
b) Menciptakan calon ilmuwan yang beragama.
c) Menciptakan calon tenaga terampil yang profesional dan agamis. (Depag,2004:15) 
B. Tujuan Madrasah Unggulan
Tujuan merupakan penjabaran dari pernyataan misi, tujuan adalah sesuatu yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Penetapan tujuan pada umumnya didasarkan pada faktor-faktor kunci keberhasilan yang dilakukan setelah penetapan visi dan misi. Tujuan tidak harus dinyatakan dalam bentuk kuantitatif, akan tetapi harus dapat menunjukkan kondisi yang ingin dicapai di masa mendatang (Akdon, 2006:143). Tujuan akan mengarahkan perumusan sasaran, kebijaksanaan, program dan kegiatan dalam rangka merealisasikan misi, oleh karena itu tujuan harus dapat menyediakan dasar yang kuat untuk menetapkan indikator. 
Tujuan madrasah unggulan merupakan suatu pandangan atau keyakinan bersama seluruh komponen madrasah akan keadaan masa depan yang diinginkan. Tujuan ini diungkapkan dengan kalimat yang jelas, positif, menantang, mengundang partisipasi dan menunjukkan gambaran tentang masa depan (Depag RI, 2004: 14).  Acuan dasar dari tujuan umum madrasah unggul adalah tujuan pendidikan nasional sebagaimana tercantum dalam GBHN dan Undang-Undang Sistim Pendidikan Nasional yaitu menghasilkan manusia yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, tangguh, cerdas, kreatif, terampil, berdisiplin, beretos kerja,profesional, bertanggung jawab,produktif, sehat jasmani dan Rohani, memiliki semangat kebangsaan dan cinta tanah air,kesetiakawanan sosial, kesadaran akan sejarah bangsa, sikap menghargai pahlawan, dan berorientasi masa depan. 
Secara khusus madrasah unggulan bertujuan untuk menghasilkan kurikulum pendidikan yang memiliki keunggulan dalam hal berikut: a) keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa; b) nasionalisme dan patriotisme yang tinggi; c) wawasan iptek yang mendalam dan luas; d) motivasi dan komitmen yang tinggi untuk mencapai prestasi dan keunggulan; e) kepekaan sosial dan kepemimpinan; dan f) disipin tinggi ditunjang dengan kondisi fisik yang prima. (Ekosusilo, 2005: 49)
Dari pemaparan diatas dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
Dalam mewujudkan lembaga pendidikan yang ideal, seperti Madrasah Unggulan yaitu dibutuhkan adanya Visi,Misi dan Tujuan yang baik dan Jelas. Untuk membentuk Generasi masa depan yang berakhlak mulia, cerdas, profesional, bertanggung jawab,dll.
Visi madrasah unggulan ada dua yaitu: Visi Mikro dan Visi Makro. Visi Makro pendidikan madrasah unggulan adalah terwujudnya masyarakat dan bangsa Indonesia yang memiliki sikap agamis,berkemampuan ilmiah-amaliah, terampil dan profesional. Visi Mikro pendidikan madrasah unggulan adalah terwujudnya individu yang memiliki sikap agamis, berkemampuan ilmiah-diniah, terampil dan profesional, sesuai dengan tatanan kehidupan.
Misi Pendidikan Madrasah Unggulan yaitu : 
Menciptakan calon agamawan yang berilmu.
Menciptakan calon ilmuwan yang beragama.
Menciptakan calon tenaga terampil yang profesional dan agamis. (Depag,2004:15)
Madrasah unggulan bertujuan untuk menghasilkan kurikulum pendidikan yang memiliki keunggulan dalam hal berikut: a) keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa; b) nasionalisme dan patriotisme yang tinggi; c) wawasan iptek yang mendalam dan luas; d) motivasi dan komitmen yang tinggi untuk mencapai prestasi dan keunggulan; e) kepekaan sosial dan kepemimpinan; dan f) disipin tinggi ditunjang dengan kondisi fisik yang prima. (Ekosusilo, 2005: 49)
Dengan adanya visi, misi dan tujuan madrasah unggulan yang jelas, maka suatu lembaga pendidikan akan disebut sebagai Pendidikan yang ideal.
DAFTAR PUSTAKA
Hanafi, Ahmad. 1990. Pengantar Filsafat Islam, Cet. IV, Jakarta : Bulan Bintang.
Hitami, Munzir. 2004. Menggagas Kembali Pendidikan Islam. Yogyakarta: Infinite Press.
http://www.majalahpendidikan.com/2011/05/artikel-pendidikan-visi-misi-dan-tujuan.html
Akdon. 2006. Strategic Managemen for Educational Management. Bandung: Alfabeta.
 http://xoxialix.blogspot.com/2012/03/misi-pendidikan-ideal.html
Loading...
About Tohir 849 Articles
Kalo satu lidi bisa patah dengan mudah, tapi seratus lidi yang bersatu akan sangat susah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*