Artikel, Travel

Wisata Buatan dan Wisata Alam Kabupaten Banjarnegara?

Sudahkah Anda Coba Wisata Buatan dan Wisata Alam Banjarnegara? – Setelah sebelumnya kami mengulas Negeri atas awan Dieng, kali ini kembali akan diulas seputar Dieng.  Namun, kami akan mengulas dari apa saja tempat wisata buatan dan wisata alam Dieng (banjarnegara).

Selain itu, akan di uraikan banyak hal tentang dieng yang tidak banyak orang ketahui. Oke, sebelumnya mari kita mengenal peta dan perbatasan dan letak Wisata Dieng. Perlu di ketahui, kawasan Dieng 80 % masuk pada Kabupaten Banjarnegara dan 20 % masuk di Kabupaten Wonosobo.

Oke, saya akan ulas sedikit tentang Kabupaten Banjarnegara…

Kabupaten Banjarnegara adalah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kabupaten banjarnegara terletak di antara 7” 2” – 7’ 31’ lintang  selatan dan 109” 29’ – 109” 45’50’ bujur Timur.

Luas Wilayah Kabupaten Banjarnegara adalah 106.970.997 hektar atau 3,10 % dari total luas Provinsi jawa Tengah.

Batas wilayah Kabupaten Banjarnegara sebelau Utara berbatasan dengan Kabupaten Pekalongan dan Batang, sebelah timur  berbatasa dengan Kabupaten Wonosobo, sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Kebumen, dan sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Banyumas dan Purbalingga.

Ini adalah peta wilayah Banjarnegara dan batas-batasnya ;

Peta Banjarnegara

Peta wisata Banjarnegara

Oke, karena 80 % wilayah Dieng berada di Kabupaten Banjarnegara, maka saya hanya mengulas sedikit tentang Banjarnegara, untuk Kabupaten Wonosobo mungkin lain waktu..hehe

Wisata Buatan Di Banjarnegara

#1. TRMS Serulingmas / Serulingmas Zoo

Kebun Binatang Wisata Banjarnegara

Komplek rekreasi edukasi yang terletak di pusat Kota Banjarnegara, dengan koleksi beragam satwa dan dilengkapi dengan fasilitas permainan anak, panggung terbuka, kolam renang dan out bond.

#2. Taman Rekreasi Anglir Mendung

Terletak di sebelah utara Kota Banjarnegara, dengan iklim sejuk dan dikelilingi hutan lindung. Dilengkapi dengan kolam renang, taman bermain anak dan bumi perkemahan dengan kapasitas 200 tenda.

#3. Surya Yudha Park and Waterboom

Merupakan objek wisata terpadu antara fungsi pendidikan, hiburan dan keceriaan, meliputi Hotel, Waterpark, Sport Center, dan family karoke.

#4. Serayu Park, Objek wisata terpadu meliputi Waterpark, Restaurant, dan family karoke.

#5. D’Qiano Water Park

Terletak di desa kepakisan Dieng, merupakan wisata air panas alam dengan keindahan panorama gunung Dieng, fasilitas ; kolam air panas, kolam terapi, flaying fox dan masjid.

#6. Waduk Mrica, waduk yang membendung sungai serayu, menawarkanwisata air berprahu, dayung, dan memancing. Dilengkapi dengan area permainan anak, panggung terbuka dan lapangan golf 9 hole.

Wisata Alam Banjarnegara

Setelah mengulas wisata buatan yang ada di Banjarnegara, mari kita lanjutkan dengan pesona wisata alam yang ada di Kabupaten Banjarnegara.

#1. Kawasan Dataran Tinggi Dieng

Kawasan dataran tinggi dieng terletak 54 km sebelah timur laut kota Banjarnegara dengan ketinggian 2.090 m dari permukaan laut. Berbagai wisata alam yang dapat dinikmati di Dieng; kawah Sikidang, kawah Sileri, Kawah Candradimuka, Telaga Warna, Telaga Merdada, Telaga Swiwi, dan banyak lagi lainya.

Baca tentang Dieng lebih lanjut bisa di : Wisata Dieng, Pesona Negeri Atas Awan

#2. Curug Pitu

Berupa air terjun Tujuh (Pitu=jawa) tingkat yang terletak disebelah timur kota Banjarnegara dengan fasilitas gardu pandang, jalan setapak, bumi perkemahan, dan panggung terbuka.

#3. Air Panas Pangit

Terletak di Dukuh Pingit Desa Gumelem Wetan Kecamatan Susukan, diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Juga menyuguhkanpemandangan bukit Gumelem yang indah, Anda harus mampir ke tempat ini jika berwisata di Kabupaten Banjarnegara.

#4. Curug Sikopel

Terletak di Desa Giritirta Kecamatan Pejawaran, 33 Km sebelah utara kota Banjarnegara. Lokasi ini menawarkan 4 objek wisata yang bisa dinikmati yaitu ; Curug Mrawu, Curug Genting, Air panas Giritirta dan Sungai Mrawu.

#5. Curug Sinom Indah, terletak di Desa Kasinoman Kecamatan Kalibening.

#6. Curug Pletuk

Terletak di Desa Pesangkalan Kecamatan Pagedongan dengan jarak 12 Km dari Kota Banjarnegara. Panorama alam dan kesejukan udara menjadikan alternatif bagi wisata alam yang menantang.

Itulan wisata Buatan dan Wisata Alam Banjarnegara, selain kedua wisata tersebut ada berbagai makanan dan kegiatan khas Banjarnegara tentunya yang berkaitan dengan kearifan lokal dan budaya.

Kalau Anda masih penasaran apa saja keunikan Wisata Banjarnegara, saya sajikan khusus untu Anda ;

Kuliner Khas Banjarnegara

(1) Buntil, (2) Dawet Ayu, (3) Soto Krandegan, (4) Jenang Salak, (5) , (6) Carica, (7) Purwaceng, (8) Kripik Kentang, (9) #Mendoan

Kuliner Wisata Banjarnegara

Baca juga : 15 Makanan Khas Banyumas, Dijamin Ngapak !

Desa Wisata Kabupaten Banjarnegara

Desa Wisata Karang Tengah, Desa Wisata Dieng Kulon, Desa Wisata Kepakisan, Desa Wisata Pekasiran, Desa Wisata Gumelem Wetan, Desa Wisata Gumelem Kulon, Desa Wisata Kutayasa (Madukara).

Desa Wisata Banjarnegara

Kerajinan dan Souvenir Wisata Banjarnegara

#1. Kerajinan Bambu Mandiraja

Menawarkan bermacam bentuk perlengkapan rumah tangga dan furniture yang terbuat dari anyaman bambu.

#2. Kerajinan Keramik Klampok

Cindramata khas Banjarnegara dengan teknik ukiran “terawang” Khas Klampok.

#3. Kerajinan Batik Gumelem

Batik tulis tradisional sebagai warisan turun temurun di kawasan desa Gumelem Kecamatan Susukan.

Kerajinan dan Souvenir Banjarnegara

Nah, selain kerajinan dan souvenir ada juga kegiatan yang sering di sebut Atraksi Minat Khusus, seperti panjat tebing, arung jeram dan lainya,,,oke mari kita simak detailnya;

Atraksi Minat Khusus

#1. Panjat Tebing Gunung Lawe

Terletak di desa Kendaga Kecamatan banjarmangu dengan ketinggian 230 m di atas permukaan laut merupakan batu andesit muda yang menantang bagi para pemanjat tebing.

#2. Wisata Arung Jeram Sungai Serayu

Keberadaan sungai serayu di Banjarnegara telah menjadi salah satu destinasi wisata minat khusus yaitu wisata arung jeram. Sungai serayu merupakan sungai dengan grade 3 – 4 untuk wisata arung jeram. Oprator arung jeram antara lain Banyu Woong Adventure, Serayu Adventure Indonesia dan Arung Jeram Serayu.

#3. Banjarnegara Terabas Motor Trail

Motorcreos Banjarnegara

Trabas motor trail / motorcross adalah salah satu Wisata Adventure yang semakin menggeliat di Banjarnegara, rute yang di lalui adalah Dieng – Banjarnegara. Selain itu ada juga ajang kompetiso off road di Banjarnegara ini yang bertujuan untuk membuktikan bahwa Banjarnegara menjadi salah satu tempat yang layak dalam standar penyelenggaraan offroad bersekala Nasional.

Demikian artikel Wisata Buatan dan Wisata Alam Kabupaten Banjarnegara?, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Berkomentarlah dengan bijak,,No Spam !