Arsip Kategori: Opini

Mengundurkan diri dari pekerjaan

Resign Kerja, Alasan dan Pertimbangan Kenapa Kamu Melakukannya

Resign Kerja, Alasan dan Pertimbangan Kenapa Kamu Melakukannya. Mari kita umpamakan lebah, Lebah membangun sarang, bekerja tanpa mengeluh, lebah pekerja mencari madu, ratu bertelur, ada lebah yang tugasnya hanya mengawini sang ratu, ada yang sehari-hari hanya membuat sarang. Semua tersusun sistematis, terprogram dengan teratur, mengikuti perkembangan alam dalam memperbesar kerajaan mereka. Mereka menjaga dan mencintai sarang mereka dengan sepenuh hati.

Kenapa? .. karean insting mereka seperti itu..apakah kita akan meniru?

Pertanyaan muncul : Apakah ada lebah yang mundur dari pekerjaannya?

Tidak !,

Kenapa kita manusia malah ingin mundur dari pekerjaan?

I think, this is key to be succes for a human !

Kita selalu melihat pekerjaan lebah dari prospektif yang menurut kita positif, pernahkah kita memandang dari sudut lain yang lebih realistis?. Saya tegaskan, lebah tidak memiliki kemampuan untuk memilih, dan kita memiliki kemampuan untuk memilih apa yang kita inginkan.

Mengundurkan diri dari pekerjaan

Workers

Memilih apa saja. Ini mungkin satu alasan Tuhan kenapa kita didaulat menjadi kholifah bumi. Karena kita memiliki akal dan perasaan. Insting kita menyukai hal-hal baru dan selalu ingin tahu. Itulah sifat manusia yang menurut saya sangat luar biasa. Karena sifat tersebut, banyak penemuan-penemuan yang akhirnya mempermudah setiap urusan manusia.

Bebas Merdeka dalam kreativitas

Kita boleh memilih sistem manajemen lebah, tapi mainset tidak boleh seperti mereka. Banyak yang tidak berani untuk berperan sebagai pemimpin, dan pengubah. Minimal memimpin diri dan pengubah diri dalam konteks pribadi. Kenapa? Karena mereka terkungkung oleh kenyamanan ‘semu’. Bisa berfikir tapi tertutupi ketakutan finansial.

Akhirnya kita kalah dengan keadaan. Kenapa saya sebut kenyamanan semu, karena mereka pada dasarnya belum bahagia seutuhnya. Ada sebuah kemerdekaan yang terenggut ketika mereka menjadi pekerja.

Baca Artikel Terkait : Tips Menghadapi Rasa Malas Dalam Bekerja

Ikutilah Minat Anda Yang Membuat Anda Bahagia

Jika passion anda bukan menjadi karyawan kenapa dipertahankan?

Jika Anda tidak bahagia menjadi karyawan, apakah Anda akan tetap bertahan?.

Buang-buang waktu saja. Berikut Alasan-alasan bagi yang  tidak setuju!

(Pertama) Lah wong saya sudah punya anak istri mau dikasih makan apa mereka kalau saya resign? Meskipun ga betah ya saya tetap bertahan. Tipe orang yang (pesimis dan Pasrah).

(Kedua) Nyari kerja itu susah bro, udah dapat pekerjaan malah resign. Masalah betah atau tidak, lama-lama juga betah kok. (orientasi uang, takut tidak mendapatkan pekerjaan baru).

(Ketiga) Saya sudah cukup dengan gaji dan bahagia dengan pekerjaan saya. Apalagi melihat anak istri bisa makan di rumah.

(Keempat) wah, saya sih pengin berprestasi di tempat kerja biar jadi direktur. Saya ga akan resign lah…saya ingin jadi pimpinan.

Untuk poin ketiga dan keempat, mereka memang sudah menemukan kebahagiaan. Passion mereka di situ, penulis tidak akan membahas. Lalu bagaimana dengan alasan pada poin pertama dan kedua?

Jelas mereka tidak memiliki keberanian untuk mundur dan mencari pekerjaan yang cocok. Terlepas dari berbagai alasan di belakangnya, mereka belum berani melepas kenyamanan finansial yang diperoleh. Lho, kalo bicara kenyamanan berati bahagia dong?. Eits, baca dong di belakang kenyamanan ada kata-kata “finansial”

Baca Juga : Bekerja Tanpa Passion Tersiksanya

Ambilah resiko terbesar, karena di situ ada peluang terbesar pula

My History :

Sebelum saya memutuskan untuk mundur dari pekerjaan, lingkungan mendebat saya, menyalahkan dan menganggap keputusan saya konyol. Ada beberapa yang mendukung, dan menyerahkan semua keputusan pada diri saya. Namun kebanyakan mereka menyayangkan keputusan saya.

Saya resign dari pekerjaan karena menurut saya, saya tidak memiliki passion di bidang pekerjaan tersebut. Saya memutuskan untuk mundur dengan resiko tidak terjamin dalam urusan finansial lagi dan tidak bisa membantu orang-orang disekitar saya dalam hal keuangan.

Kebanyakan mereka menyayangkan soal gaji. Penghasilan tetap yang lumayan dari perusahaan tidak menyurutkan langkah saya untuk resign. Terlepas dari keputusan saya kedepan apakah akan saya sesali atau tidak, saya punya keyakinan besar bahwa “ketika saya mengikuti insting kebahagiaan maka pasti akan ada jalan, saya, seperti lebah yang mengikuti insting terus bekerja. Bedanya saya memiliki insting berfikir dan selalu ingin tahu hal-hal baru.”

Saya membuang semua pikiran-pikiran yang mengganggu mental saya setelah mundur dari pekerjaan. Kembali saya rasakan adrenalin yang terpacu, semangat baru seolah lahir kembali menjadi diri saya yang sesungguhnya. Saya mulai merancang apa yang saya inginkan dengan penuh pertimbangan, tentunya disesuaikan dengan keinginan saya.

Saya tidak mau lagi memaksakan melakukan pekerjaan yang tidak saya minati. Sebisa dan sekuat mungkin saya melakukan setiap hal yang membuat saya bahagia. Meskipun nanti penghasilan lebih kecil dari gaji saya bekerja, saya akan menikmati dengan rasa bahagia, dengan terus merealisasikan setiap mimpi-mimpi saya. Saya yakin ketika saya bahagia, keluarga dan lingkungan akan ikut bahagia. Meskipun saya disalahkan awalnya.

Jika gagal mewujudkan mimpi, ya mulai lagi dari awal. Gampang kan?.haha. Kalau hidup tidak ada gagal dan berhasil, tidak ada salah dan benar, maka bukan hidup namanya. Tapi mati. Inilah asyiknya kehidupan, semua selalu mungkin dan tidak ada yang tidak mungkin.

So if you do not happy in your company..stop and go !

Bagi saya tidak perlu berfikir banyak hal untuk mundur, jika memang tidak nyaman. Tinggal rencanakan waktu dan momentum yang tepat untuk keluar. Kalaupun sudah sangat tidak nyaman dan tidak sempat memikirkan rencana kedepan, keluar saja. Cari suasana baru untuk berfikir lebih tenang. Nanti juga ada jalan.

Rencanakan hal-hal yang Anda sukai saja

Seperti artikel yang sudah saya buat sebelumnya berjudul “Meaning:Cerita Yang Melekat Pada Diri Seseorang”. Silahkan bisa di baca sendiri.

Dalam artikel tersebut sudah disinggung tentang meaning dan branding. Intinya adalah lakukanlah, kerjakanlah hal yang Anda sukai jika Anda ingin sukses jangka panjang. Tidak perlu buang-buang waktu mengerjakan hal yang tidak di sukai. Jangan bertahan karena banyak pertimbangan. Just Do It !. perkara gagal dan berhasil bisa kita coba lagi.

Rasannya menyenangkan merencanakan dan melakukan pekerjaan yang kita sukai. Semua potensi pasti akan dikerahkan sepenuhnya untuk melakukan pekerjaan tersebut. Apa dampaknya? Dampaknya hasil pekerjaan kita akan berkualitas karena kita melakukan dengan penuh perasaan. Jika itu rencana maka saya yakin, sebuah rencana yang anda sukai pasti lebih diprioritaskan untuk direalisasikan dibanding rencana-rencana yang tidak anda sukai.

Selain kebahagiaan jiwa, peluang menuju kesuksesan finansial akan lebih besar. Orang yang bekerja karena suka dibanding orang yang bekerja karena terpaksa akan mendapat hasil lebih berkualitas bekerja karena suka.  Pekerjaan yang disukai akan dikerjakan lebih dari 100% kemampuan yang dimiliki. Jadikan lingkungan bahagia karena anda, bukan anda bahagia karena lingkungan.

Baca Artikel Terkait : 7 Kekuatan Meraih Impian

Semoga artikel berjudul Pertimbangkan Sebelum Mengundurkan Diri dari Pekerjaan dapat menjadi pertimbangan, Jika artikel ini menurut Anda bermanfaat silahkan di share..terimakasih.

Mau Swasembada Pangan, Heh Jangan Mimpi di Siang Bolong!

Mau Swasembada Pangan, Heh Jangan Mimpi di Siang Bolong!

Mau Swasembada Pangan, Heh Jangan Mimpi di Siang Bolong! – Mayoritas masyarakat Indonesia katanya bekerja sebagai petani, petani yang banyak di Indonesia adalah petani padi, meski cara dan alat masih sangat tradisional dalam praktiknya.

Masyarakat desa identitik dengan sawah dan padi karena memang yang bisa mereka lakukan hanya itu. Dengan pengetahuan yang masih terbatas masyarakat kita masih sulit untuk berinovasi dalam sektor riil ini.

Beras merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia, juga bagi masyarakat dibeberapa wilayah di Asia, sektor ini menjadi sangat potensial ketika mau digarap dengan professional.

Ilustrasi petani padi

Padahal Indonesia mempunya modal yang begitu bagus, ditopang dengan tanah yang begitu subur dengan air yang relatif banyak.

Negeri ini harusnya menjadi surga bagi para petani padi, namun kenyataanya tidaklah demikian, petani padi di Indonesia masih bisa dikatakan petani yang biasa saja. Mereka belum bisa menikmati hasil yang memuaskan dari sektor ini.

Kita masih kalah jauh dibanding Negara sebelah, padahal wilayah kita jauh lebih luas, loh kok bisa negeri yang sesubur ini dengan mayoritas warganya bergantung di sektor pertanian padi, untuk beras kita masih impor ke Negara lain seperti ke Vietnam.

Ajaib, ada yang keliru dengan ciri khas Indonesia yang katanya masyarakatnya banyak bekerja di sektor pertanian padi, nyatanya kalau dilihat dari hasilnya tidak demikian?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan Indonesia tidak bisa swasembada pangan, salah-satu hal yang umum adalah mengenai sistem pertanian kita.

Mungkin perlu ada revolusi pertanian, bagaimana pertanian ini dijadikan projek utama dalam mensejahterakan masyarakat.

Perlu dukungan dari beberapa pihak baik dari pemerintah maupun sumber daya manusia yang ada. Bertani padi jangan hanya asal bertani, perlu ada ilmu juga didalamnya supaya hasil panen bisa maksimal.

Apalagi dengan semakin berkembangnya dunia, seakan dunia pertanian sudah tidak menarik lagi, masyarakat kita sudah malas untuk bertani, anak-anak muda sekarang jarang yang berminat mengambil profesi sebagai petani.

Asumsi masyarakat kita adalah bertani hanya untuk kaum pinggiran yang tidak terdidik, generasi sekarang “ogah” untuk menjadi petani, mereka lebih tertarik untuk mengadu nasib di kota-kota besar demi melangsungkan kehidupan.

Petani sekarang usianya dikisaran 40 tahun ke atas, dan itu pun biasanya hanya dijadikan pekerjaan sampingan. Belum ada yang memang menggeluti usaha ini karena memang jarang ada petani yang sukses dan banyak materi.

Belum lagi lahan pertanian sekarang yang semakin sempit saja, kini sawah-sawah banyak yang sudah disulap menjadi gedung-gedung pabrik atau perkantoran.

Lahan tidak ada, prestise tidak juga, lalu mau mimpikah kita swasembada pangan? Hemm, semoga saja masih, dan generasi muda  mulai tertarik menggarap pada sektor ini.

5 Tempat Favorit Menyimpan Kunci Rumah

5 Tempat Favorit Menyimpan Kunci Rumah

5 Tempat Favorit Menyimpan Kunci Rumah – Salah-satu hal unik masyarakat Indonesia khusunya di daerah pedesaan adalah cara mereka menyimpan benda, seperti hasil padi yang disimpan di lumbung, uang yang disimpan di dalam tanah, air yang disimpan di gentong dan masih banyak yang hal-hal menarik yang lain.

Ini membuktikan bahwa sebenarnya peradaban kita sejak dulu kala sudah mempunyai peradaban akal yang tidak kalah dari Negara-negara lainya. Cuma kita kadang kurang iklan saja yang menjadikan seolah-oleh bangsa kita adalah bangsa terbelakang.

Namun pada kesempatan ini kami tidak akan membahas jauh soal peradaban Indonesia, kita akan mengambil satu sisi saja dari hal itu yaitu soal cara menyimpan benda pada kebanyakan masyarakat kita.

Ilustrasi keset

Bukan wujud berupa alat maupun bahan makanan namun kita akan mencoba mengupas kunci rumah. Kenapa kami merasa perlu menulis itu karena kalau kita tidak punya kunci rumah kita tidak akan bisa masuk kedalamnya.

Kunci merupakan pintu masuk utama jika kita mau masuk ke dalam rumah, tanpa kunci kita akan sulit masuk ke dalam rumah, mengapa betapa sangat pentingnya kunci itu.

Apakah kalian sudah tahu dimana kebiasaan masyarakat dulu menyimpan kunci rumahnya? Baiklah kami akan mencoba mengupasnya satu persatu.

Di bawah keset

Meski terlihat konyol namun salah-satu tempat yang paling banyak menyimpan kunci rumah adalah di bawah keset, keset merupakan salah-satu alat pembersih kaki, alat ini biasanya selalu terdapat di depan pintu masuk rumah.

Selain berfungsi sebagai pembersih kaki kesed juga ternyata juga difungsikan sebagai penyimpan kunci rumah yang favorit.

Di atas pintu rumah

Etalase pintu rumah merupakan salah-satu tempat favorit berikutnya untuk menyimpan kunci rumah, letaknya persis di atas pintu rumah.

Tempat ini memang sangat strategis untuk meletakkan kunci rumah, karena sangat berdekatan dengan pintu rumah dan masih banyak orang yang tidak menyangka kunci akan diletakkan disitu.

Di bawah kaki meja atau kursi teras rumah

Tempat berikutnya adalah kaki meja atau kursi teras. Sudah menjadi hal umum bahwa rumah mempunyai teras depan, di dalam teras depan biasanya terdapat meja dan kursi untuk hanya sekedar duduk-duduk dan bercengkrama bersama keluarga atau handaitaulan.

Kaki meja atau kursi biasanya dimanfaatkan juga untuk menyimpan kunci rumah, bila ia sedang bepergian, mereka meletakkan kunci tepat di bawah kaki meja atau kursi.

Di dalam dastang listrik

Dulu dastang listrik terdapat rumahnya, nah di rumah dastang itu biasanya menjadi salah-satu tempat favorit berikutnya untuk menyimpan kunci rumah.

Namun sejak era pulsa listrik, dastang listik dibiarkan terbuka sehingga sudah tidak memungkinkan lagi untuk menyimpan kunci rumah di area tersebut, kecuali jika dastang di rumah kita masing menggunakan tipe dastang terdahulu.

Dibawa pemiliknya

Karena akhir-akhir ini tedapat banyak tindak kejahatan tak terkecuali rumah, maka pada zaman sekarang tempat menyimpan kunci rumah yang dirasa paling aman adalah dibawa oleh pemiliknya.

Pemilik rumah biasanya menaruh kunci rumahnya di dalam tas atau di bagasi motor agar dirasa aman serta tidak menggangu dalam aktivitasnya.

Demikian 5 tempat favorit menyimpan kunci rumah, semoga bermanfaat !

NB: Maling dilarang membaca !

Ciri Pacar yang Kekanak-kanakan

Ciri Pacar yang Kekanak-kanakan – Kamu sering merasa tidak nyaman dalam hubungan? Sering bertengkar dan menahan marah? Mungkin Pacarmu itu adalah tipe Pacar yang kekanak-kanakan. Sifatnya tak dewasa dan cenderung suka menyalahkan.

Berikut ini adalah hal-hal yang sering dilakukan oleh Pacar yang kekanak-kanakan :

Menutupi Statusmu

Dia tidak akan terang-terangan menyebutmu sebagai pacar, ketika ditanya orang lain perihal statusmu. Misalnya ada orang lain bertanya “Ini siapa? Pacar atau malah calon suami?”, dia hanya menjawab “Hehe cuma sahabat”. Jelas ini adalah Pacar yang maunya bermain aman dan kekanak-kanakan.

Selalu Ada Hal yang Disembunyikan

Keterbukaan adalah hal yang penting dalam hubungan. Kedewasaan seseorang bisa ditunjukan dengan adanuya keterbukaan. Ketika ada sesuatu yang ditutupi dengan alasan privasi, maka kamu harus meninjau ulang hubungan kalian. Soal handphone misalnya, dia tak pernah membiarkanmu untuk memegang.

Baca juga : Cara bijak memutuskan pacar

Ketika ada masalah dia tak pernah bercerita, dengan alasan tidak ingin menambah beban pikiran dan menyakitimu. Padahal Pacar yang baik dan dewasa akan selalu berterus terang, bahkan untuk hal buruk sekalipun.

Sengaja Membuatmu Cemburu

Dia dekat atau chating dengan orang lain untuk menunjukan dia masih laku. Dengan begitu dia ingin kamu merasa cemburu dan berusaha lebih untuk mempertahankan dirinya. Dia selalu ingin mencari perhatian dan ingin diperlakukan sebagai ratu.

Tapi ingat, rasa cemburu adalah salah satu sumber masalah ayang ada dalam hubungan. Sengaja membuatmu cemburu berarti dia sengaja menciptakan masalah. Menciptakan drama yang sama sekali tak penting pada kelangsungan hubungan.

Baca juga : Aturan ngapel kerumah pacar

Menyinggung Putus Ketika Bertengkar

Pertengkaran dan perselisihan adalah sesuatu yang pasti terjadi dalam suatu hubungan. Itu biasanya karena masih punya ego besar dan belum memahami sifat masing-masing Pacar. Pertengkaran yang baik adalah pertengkaran yang menghasilkan kesimpulan dan berdampak pada introspeksi diri. Namun jika si dia selalu mengungkit-ungkit kata putus ketika pertengkaran, berarti memang dia masih kekanak-kanakan.

Pacar Kekanak-kanakan

Pacar Kekanak-kanakan

Selalu Ingin Menang dan Menyalahkan

Saat hubungan kalian ada masalah, Pacar yang kekanak-kanakan tak mau menjadi pihak yang dipersalahkan walaupun faktanya dia yang salah. Dia akan selalu menggunakan argument untuk menyerangmu untuk menang sendiri.

Dia tak akan sampai pada taraf yang namanya saling memahami dan memaklumi, apalgi mengakui kesalahan. Sifat seperti inilah yang dimiliki pacar yang kekanak-kanakan dan salah satu alasan menagapa kamu harus segera meninggalkan.

Maunya Senang-senang

Salah satu sifat kekanak-kanakan adalah dia hanya ingin bersenang-senang. Ketika diajak nonton, makan, jalan dia akan antusias bahkan lebih sering mengajak duluan. Dia tidak pernah menyinggung masalah yang berhubungan dengan masa depan.

Baca juga : Penyebab kamu diputus pacar

Pacar kekanak-kanakan tak bisa diajak sederhana dan sengsara, mencoba berlatih bahwa hidup ini memang tak semudah yang dibayangkan. Bayangkan kamu akan mempunyai istri yang seperti itu, berat bukan?

Itulah beberapa ciri Pacar yang kekanak-kanakan. Jika kamu mempunyai Pacar yang seperti itu dan ingin sekuat tenaga dipertahankan, baiknya segera dibicarakan. Namun Pacar yang kekanak-kanakan juga berpotensi besar suatu saat nanti melukaimu, lalu kenapa kamu masih mempertahankan dia?

Ternyata Sifat Ini yang Membuatmu Masih Jomblo

Ternyata Sifat Ini yang Membuatmu Masih Jomblo – Jomblo semakin berkeliaran, bukan karena tidak ada Cewek, tapi memang Cewek itu tak mau mendekat. Apalagi terlihat menarik, kamu justru mempunyai sifat dan sikap yang menyebalkan dimata mereka. Kamu termasuk salah satu pria tersebut? Mungkin kamu memiliki salah satu sifat yang dibawah ini, tipe pria yang bahkan punya pacar, punya teman dekatpun tidak.

Buruk

Kamu gemuk seperti babi? Hitam seperti arang? Atau kecil seperti kutil? Ternyata buruk dimata Cewek itu sangat beragam. Selain buruk secara luar, buruk secara financial juga mempengaruhi ketertarikan Cewek padamu.

Tempramental

Jika kamu punya sifat pemarah dan suka melempar-lempar sesuatu ketika emosi, atau mencakar-cakar orang yang berselisih dengan anda. Jika kamu mempunyai sifat seperti itu mulai sekarang berhentilah, STOP! Cewek adalah makhluk yang butuh butuh pria penyayang, butuh perlindungan, perlu kenyamanan.

Pemarah

Pemarah

Kurang Pergaulan

Jika kamu tak pergi memancing, kamu tak akan dapat ikan. Semakin banyak sungai yang kamu pancingi, semakin besar kesempatanmu untuk mendapatkan ikan. Paham analoginya kan? Mulailah keluar, Tuhan takan mengantarkan pacar didepan rumahmu seperti kamu memesan pizza. Bergabunglah dengan berbagai komunitas, berkenalan dengan banyak orang. Pasti akan ada ikan yang kau santap, hehe

Tertutup, Sok Misterius

Namanya juga tertutup, berarti anda tak memberi kesempatan kepada Cewek untuk sekedar “mengganggu”, analoginya lagi jika sebuah toko walaupun tokonya bagus bersih dan mewah tapi pintunya terkunci apakah aka nada pembeli?

Menjadi cowok misterius dan dan tak mudah ditebak memang membuat sensasi tersendiri, membuat Cewek akan penasaran. Tapi jika kamu terlulu misterius dan sangat sulit untuk didekati malah akan membuatmu menjadi sosok yang menakutkan, seperti hantu, menyeramkan.

Terlalu Lurus

Jika selama ini kamu bertanya dalam hati “aku sudah menjadi orang yang baik, kok masih saja jomblo ya?”, justru itu lah sebabnya, kamu terlalu baik. Sering kan cewek bilang “maaf kamu terlalu baik untukku, kita tak bisa bersama”. Artinya kamu tidak harus menjadi jahat, menjadi perampok, pembunuh dan tukang begal. Bukan…

Maksudnya adalah sebagai lelaki, kamu harus menunjukan sisi liarmu, menunjukan kebandelanmu, menunjukan hal-hal gila.

Para cewek berfikir mempunyai cowok yang “gila” akan menyenangkan, tak tertebak dan akan memiliki pengalaman-pengalaman baru.

Sok Tahu

Kamu pernah bertemu dengan orang yang sok tahu? Yang kalau ada orang bicara suka memotong dan langsung memberi penjelasan-penjelasan teoritis. Menyebalkan bukan? Cowok yang sok tahu akan membuat cewek merasa tidak nyaman, karena cowok yang sok tahu merasa orang yang paling benar. Padahal makhluk paling benar di dunia kan cewek, iya ngga? Eh…

Pesimis

Siapa sih Cewek yang mau menyandarkan dirinya pada orang yang pesimis? Cewek itu butuh keyakinan, kepastian. Cewek mendambakan cowok yang bergairah positif, dengan harapan dirinya akan tertular sifat tersebut. Jadi jika kamu merasa cowok yang pesimis, ayo bangkit kawan! Yakinlah bahwa semua hal bisa ditaklukan!

Punya Masalah

Masalah yang dimaksud dalam hal ini adalah masalah yang ditimbulkan cowok tersebut. Masih bingung? Sederhananya cewek tidak suka terhadap cowok yang bikin onar, cari-cari masalah. Cewek sendiri sudah punya masalah banyak dan tentu saja dia tak mau menambah masalah dengan berdekatan denganmu, takut kena getahnya.

Jangan menyalahkan cewek apalagi Tuhan atas kejombloanmu selama ini, berkacalah, introspeksi mungkin selama ini kamu punya salah satu sifat diatas, atau salah dua, atau salah tiga, semuanya. Pantes, dasar Jones!

Baca juga :